Upacara Hingga Lomba-Lomba Warnai Hari Jadi ke-71 Polwan di Kota Madiun

MADIUN – Polisi wanita (Polwan) di lingkungan Polres Madiun Kota menggelar acara khusus untuk memperingati Hari Jadi ke-71 di halaman Mapolresta Madiun, Kamis (12/9).

Acara ini dihadiri oleh Kapolres Madiun Kota AKBP Nasrun Pasaribu, Ketua Bhayangkari Cabang Madiun Kota, Korp Wanita Angkatan Darat, Korp Wanita Angkatan Udara, serta seluruh jajaran di Polres Madiun Kota.

Peringatan Hari Jadi Polwan diawali dengan upacara di halaman Mapolresta Madiun. Kemudian, dilanjutkan dengan senam bersama dan lomba-lomba menarik. Salah satunya, sepakbola dengan mata tertutup.

Dalam kesempatan itu, Kapolresta Madiun AKBP Nasrun Pasaribu menyampaikan bahwa Polwan dn Bhayangkari memiliki peran penting di dalam stabilitas pelaksanaan tugas-tugas Polri di manapun berada.

‘’Polwan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kepolisian Negara Republik Indonesia. Sebagaimana tercantum dalam Pasal 13 UURI No. 2 Tahun 2002. Yaitu, memelihara kamtibmas, melindungi, mengayomi, melayani masyarakat serta penegakan hukum,’’ paparnya saat memberikan sambutan dalam upacara.

Baca juga:   Bersama F-16, Sphinx Berhasil Raih 2.000 Jam Terbang

Kapolresta juga sedikit menceritakan sejarah Polwan di Indonesia. Diapun berharap, semangat Polwan di masa lalu tetap berkobar dalam diri Polwan masa kini. ‘’Sudah banyak Polwan yang berprestasi dan menempati posisi strategis,’’ imbuhnya.

Hal serupa, lanjut Kapolresta, juga berlaku bagi Bhayangkari. Sebagai istri dari Polri, anggota Bhayangkari wajib untuk Bersatu di dalam gerakan perjuangan melalui satu wadah tunggal istri Polri. Yaitu, Bhayangkari.

Kapolresta pun berharap, setiap anggota Bhayangkari dapat memiliki delapan sifat utama yang bermanfaat. Yakni, beriman, adil, jujur dan sederhana, asah, asih, dan asuh, berjiwa besar, bersemangat dan penuh daya cipta, berteguh hari dan rela berkorban, serta mengabdi tanpa pamrih. (Dhevit/irs/madiuntoday)