Bantu Rehab Rumah Warga, Pemkot-PT Inka Kolaborasi Salurkan CSR Rp 65 Juta

MADIUN – Ada yang berbeda dari gelaran kerja bakti Walikota Maidi bersama masyarakat di Kelurahan Tawangrejo, Jumat (13/9). Selain membersihkan lingkungan, walikota juga memberikan bantuan rehab rumah salah seorang warga di sana. Rehab rumah dengan menggandeng program corporate social responsibility (CSR) PT Inka tersebut diberikan kepada keluarga Heri yang memang membutuhkan.

‘’Pemerintah ada program kunjungan ke warga sampai dengan tidur di rumahnya. Rumah yang digunakan untuk tidur adalah rumah dari keluarga kurang mampu. Harapannya, kita melihat langsung kondisi warga tersebut. Apa yang dibutuhkan harus dipenuhi,’’ kata walikota.

Program kunjungan warga yang dikemas dalam kegiatan Walikota Bersama Rakyat (WBR) memang berisi beragam kegiatan. Mulai kerja bakti, serap aspirasi, hingga panggung seni. Walikota sengaja menggandeng perusahaan untuk membantu apa yang dibutuhkan masyarakat. Salah satunya, PT Inka yang siap menggelontorkan Rp 65 juta untuk rehab rumah tersebut.

‘’Semua perusahaan yang ada di Kota Madiun akan menghandel ini semua. Tentu sesuai dengan kemampuan masing-masing. Prinsipnya, ini akan terus,’’ terangnya.

Selain itu, walikota juga mengajak masyarakat untuk mulai membersihkan lingkungan masing-masing. Terutama kebersihan sungai. Hal itu penting mengingat musim penghujan sebentar lagi. Kerja bakti bersama di Kelurahan Tawangrejo juga dipusatkan untuk pembersihan sungai.

Baca juga:   Bantuan Non-Tunai Sekarang Ditransfer Tiap Bulan

‘’Sebentar lagi kita kedatangan tamu. Yakni, musim penghujan. Tamu ini harus diarahkan. Kalau air ya pasti arahnya ke sungai. Makanya, sungai dibersihkan. Tatkala ini sudah bersih semua, aliran lancar dan tidak terjadi genangan,’’ terangnya.

Manajer Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Inka Nurhidayati menuturkan pihaknya memiliki total Rp 13,5 miliar dana CSR setiap tahunnya. Dana tersebut digunakan untuk beragam kegiatan. Mulai rehab rumah, jambanisasi, fasilitas ibadah, operasional panti asuhan, beasiswa, hingga bantuan alat-alat praktek sekolah. Pihaknya berterima kasih kepada pemerintah Kota Madiun yang telah menggandeng PT Inka untuk menyalurkan dana CSR tersebut.

‘’Seperti pemerintah, kami di BUMN juga berkomitmen untuk membangun negeri. Apresiasi kepada Pemkot Madiun, khususnya bapak walikota yang sudah bersedia turun gunung melihat langsung kondisi masyarakat sehingga penyaluran CSR kami juga bisa tepat sasaran,’’ ujarnya. (ws hendro/agi/dikominfo)