Efektif Tingkatkan Kesehatan, Senam Lansia Kota Madiun Jadi Percontohan

MADIUN – Senam Lansia yang diselenggarakan rutin setiap bulan pada hari Jumat di Kota Madiun rupanya mencuri perhatian daerah lain. Salah satunya, Pemda Kediri yang melaksanakan studi tiru untuk kegiatan tersebut. Senam Lansia di Kota Madiun dinilai efektif untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di usia senja.

Hal tersebut diungkapkan oleh Walikota Madiun Maidi saat memberi sambutan dalam pelaksanaan Senam Lansia di Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun, Jumat (13/9). Walikota mengatakan, Pemda Kediri tertarik untuk meniru kegiatan Senam Lansia.

“Kegiatan ini di Kota Madiun sudah rutin berjalan. Tidak hanya senam, para lansia juga kita ajak sarapan bersama dan cek kesehatan,” ujarnya saat diwawancarai setelah acara.

Pada hari yang sama, Kota Madiun juga kedatangan tamu Pengurus Lansia Jawa Timur. Tujuannya, untuk memantau pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan lansia di Kota Madiun.

Baca juga:   Atasi Lahan Minim, Walikota Stimulus Petani Tak Hanya Tanam Padi

“Kota kita sudah mendapatkan juara 2 Kota Ramah Lansia. Dengan kegiatan yang sudah berjalan ini akan semakin disempurnakan. Harapannya, ke depan bisa meraih juara 1,” paparnya.

Pemkot Madiun telah berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada Lansia. Selain senam rutin, juga diselenggarakan posyandu lansia, karang werda, dan fasilitas umum yang ramah lansia lainnya. Saat ini, angka harapan hidup di Kota Madiun juga cukup tinggi.

“Fasilitas kita perbaiki lagi sehingga angka harapan hidup bisa lebih panjang lagi. Lansia umurnya panjang tapi sehat,” imbuhnya.

Meski begitu, Walikota mengimbau kepada para lansia di Kota Madiun untuk senantiasa menjaga kesehatan. Baik melalui makanan, olahraga, dan istirahat yang cukup. (Dhevit/irs/diskominfo)