Pacu Ekonomi Kreatif, Puluhan Ibu-Ibu Diberi Pelatihan Membuat Bento Box

Di Posting Oleh madiuntoday

13 September 2019

MADIUN- Aula salah satu hotel yang terletak di Jalan Mangga Kota Madiun nampak tak seperti biasa. Jumat (13/9) ). Sedari pagi telah tertata rapi meja-meja yang penuh dengan bahan makanan. Tak hanya itu, sebanyak 50 ibu-ibu juga nampak berkerumun di sekitar lokasi.

Mereka adalah ibu-ibu perwakilan Dharma Wanita Persatuan (DWP) dari seluruh instansi di Kota Madiun yang sedang diberi pelatihan membuat bento box, yakni makanan bekal berupa nasi beserta lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan dimana saja.

Kepala Dinas Penanaman Modal PTSP KUM Harum Kusumawati mengatakan pelatihan membuat bento box merupakan salah satu kegiatan pelatihan kewirausahaan dari dinasnya, selain untuk memberdayakan masyarakat dan ibu-ibu, sekaligus untuk memacu kreatifitas dan membantu pereknomian keluarga.

“Kenapa salah satu pelatihan kita khususkan untuk membuat bento box, karena ada tiga keuntungan. Pertama ibu-ibu bisa menyiapkan makanan untuk anaknya secara praktis, higienis, dan menarik. Kedua juga bisa lebih hemat,” jelasnya.

Keuntungan ketiga lanjutnya, saat ini Pemerintah Kota Madiun sedang memerangi sampah plastik. Melalui pelatihan bento box ini para ibu diajarkan untuk memberikan bekal lewat wadah yang bisa setiap hari dipakai, tanpa perlu menambah limbah sampah plastik.

Dalam kesempatan tersebut, ibu-ibu diajarkan cara bagaimana membuat dan menyajikan makanan berjenis bento “ala Jepang”. Mulai dari memilih bahan makanan, mengolah bahan, membuat saus, hingga cara menyajikan agar lebih menarik untuk disantap.

Yulia salah satu peserta pelatihan mengatakan, dirinya  senang bisa mendapatkan pelatihan membuat bento box. “Kalau hanya belajar dari internet saja kurang marem. Pelatihan ini bisa jadi selingan dan bisa membuat ibu-ibu lebih kreatif,” tandasnya.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Jelang Peluncuran, Pemkot Madiun Matangkan Program Pendekar Waras

Jelang Peluncuran, Pemkot Madiun Matangkan Program Pendekar Waras

MADIUN – Pemkot Madiun terus menyempurnakan program Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Agar Warga Sehat (Pendekar Waras) sebelum prosesi peluncurannya dilakukan. Program ini digadang-gadang mampu mencegah penularan Covid-19 secara efektif. Karenanya, Walikota...

Suka Duka Belajar Di Rumah Dari Perspektif Siswa, Apa Kata Mereka?

Suka Duka Belajar Di Rumah Dari Perspektif Siswa, Apa Kata Mereka?

MADIUN- School From Home (SFH) atau belajar dari rumah menjadi kebiasaan baru yang diterapkan sejak awal terjadinya pandemi Covid-19. Kebijakan tersebut diterapkan sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus korona. Lantaran baru pertama kali diterapkan...

Don`t copy text!