Sambut Musim Penghujan, Walikota Pimpin Bersihkan Saluran

MADIUN – Musim penghujan sebentar lagi. Berbagai kegiatan bersih-bersih dilakukan menyambut musim basah tersebut. Walikota Maidi sengaja turun gunung memantau langsung jalannya bersih-bersih di Kelurahan Tawangrejo, Jumat (13/9).

Pembersihan kali ini lebih difokuskan pada saluran dan sungai. Salah satunya, Sungai Nguwot kelurahan setempat. Kegiatan semakin menarik lantaran melibatkan unsur masyarakat.

“Sebentar lagi kita kedatangan tamu. Yakni, musim penghujan. Tamu ini harus diarahkan. Kalau air ya pasti arahnya ke sungai. Makanya, sungai dibersihkan. Tatkala ini sudah bersih semua, aliran lancar dan tidak terjadi genangan,’’ kata walikota.

Walikota menghimbau agar tidak membuang sampah sembarangan. Khususnya di saluran atau sungai. Hal itu penting mengingat banyaknya sampah di dalam saluran dan sungai saat bersih-bersih. Mulai sampah rumah tangga, popok bayi, aneka plastik, hingga batang pohon. Keberadaan sampah memang belum cukup mengganggu saat ini. Sebab, debit sungai masih relatif kecil. Namun, akan berdampak serius jika musim hujan nanti.

Baca juga:   Ikut Kampanye di Medsos, ASN Terancam Sanksi

“Sungai bukan tempat sampah. Mari kita sayangi lingkungan. Sampah ini akan menjadi masalah tatkala hujan nanti,” terangnya.

Selain itu, walikota juga mengajak semua masyarakat untuk mulai membersihkan lingkungan masing-masing. Terutama kebersihan sungai. Bukan hanya di Kelurahan Tawangrejo. Namun, di semua kelurahan. Hal itu penting mengingat musim penghujan sebentar lagi.

‘’Warga yang mau menjaga kebersihan sungai dan memang mampu akan digaji pemerintah,” jelasnya.

Kerja bakti merupakan rangkaian kunjungan warga yang dilakukan walikota. Selain kerja bakti, kegiatan bantuan CSR PT Inka untuk bedah rumah juga mengemuka. Walikota juga menggelar dialog, Salat Maghrib dan Isya berjamaah, hingga pagelaran seni di kelurahan setempat. (ws hendro/agi/diskominfo).