Pawai Budaya Tutup Rangkaian Bersih Desa Warga Nambangan Kidul

MADIUN- Pawai budaya yang digelar warga Nambangan Kidul memberi gambaran betapa beragamnya negeri ini. Kegiatan yang digelar salah satu kelurahan di Kecamatan Manguharjo itu, tak hanya memberi ruang bagi kebudayaan setempat. Budaya dari Indonesia timur pun diberi ruang untuk bisa dikenal lebih dekat oleh masyarakat Kota Madiun.

“Warga sangat antusias mengikuti pawai dari awal sampai akhir,” ujar Ketua Pelaksana Pawai Budaya Nambangan Kidul Yuli Mada.

Pawai yang digelar Sabtu (14/9) itu menampilkan kesenian lokal seperti reyog hingga dongkrek, juga berbagai penampilan tokoh yang diperagakan masyarakat setempat. Mulai dari tokoh pewayangan seperti Gatotkaca, hingga Retno Dumilah.

Tak hanya itu, warga Nambangan Kidul yang berasal dari Papua juga ikut turun ke jalan menampilkan tarian tradisional mereka. Para warga Papua juga memberi karangan bunga kepada Wali Kota Madiun Maidi sebagai bentuk apresiasi. “Masyarakat suka terhadap penampilan tarian khas dari Papua. Penampilan mereka luar biasa,” kata dia.

Dimulai dari Lapangan Nambangan Kidul, rombongan peserta pawai dari 42 RT dan 15 RW itu bergerak ke Jalan Merak melalui panggung kehormatan tempat mantan Sekda Kota Madiun itu menyaksikan jalannya acara.

Baca juga:   Program Walikota Menyapa, Jadi Ajang Sampaikan Aspirasi Masyarakat ke Walikota

Rute pawai berlanjut melalui Jalan Trunojoyo, Glatik, Mliwis, Mayjend Sungkono, Kasuari, Derkuku, kemudian Walet, Arwana, dan kembali di Lapangan Nambangan Kidul. “Di situ kita gelar hiburan campursari, dilanjutkan penyerahan piala oleh panitia,” ujarnya.

Yuli mengungkapkan, pawai budaya dengan konsep seperti ini baru digelar kali pertama. Pemkot Madiun, kata dia, sangat mendukung. Tiap peserta yang mengikuti pawai juga antusias dan berlomba menampilkan yang terbaik.

Di sepanjang rute, masyarakat juga penuh sesak menyaksikan jalannya pawai. “Karena dilombakan, peserta berusaha keras menampilkan yang terbaik, sudah seperti karnaval yang digelar setingkat kota,” kata dia.

Sebelum kegiatan ini, pihak kelurahan menggelar berbagai acara seperti kenduri hingga larungan. Wali Kota Madiun Maidi mengapresiasi pawai budaya yang digelar warga Nambangan Kidul. Menurutnya, kreatifitas warga perlu terus didukung. Pemkot, janjinya, akan senantiasa mendukung masyarakat lewat berbagai upaya.

 “Kami mengapresiasi penuh acara pawai budaya seperti yang digelar masyarakat Nambangan Kidul. Semoga ke depan dapat ditingkatkan lebih baik lagi, dan menjadi contoh bagi masyarakat di kelurahan lainnya,” pungkasnya.
(WS Hendro/kus/diskominfo)