Ajak Pendekar Tertib dan Aman, Walikota Keliling Pakai Ambulans

MADIUN – Ada saja cara unik yang dilakukan Walikota Madiun Maidi untuk menertibkan warganya. Seperti yang terlihat saat gelaran Suran Agung, Minggu (15/9). Walikota Bersama Forpimda turut berkeliling menertibkan pendekar yang duduk-duduk di tepi jalan. Menariknya, penertiban menggunakan mobil ambulans. Ambulans sengaja digunakan untuk menarik perhatian masyarakat.

‘’Kalau ada Ambulans lewat, orang pasti melihat. Padahal, dibelakangnya ada rombongan pendekar yang akan mengikuti Suran Agung. Saya ingin masyarakat memperhatikan, bahwa kesan pendekar yang mencekam itu sudah tidak ada. Semua bisa tertib, semua bisa santun,’’ kata walikota.

Walikota sengaja turut berkeliling untuk memberikan suasana nyaman kepada masyarakat. Hal itu sudah menjadi tanggung jawab walikota sebagai pemimpin daerah. Walikota tidak sekedar berkeliling. Namun, juga memberikan himbauan-himbauan. Terutama kepada pendekar yang sering lepas kontrol. Biasanya pendekar muda yang masih ingin unjuk gigi.

Pendekar yang bergerombol di tepi jalan langsung didekati. Himbauan diberikan. Walikota menyebut pendekar Kota Madiun sejatinya santun dan menganyomi. Terbukti, mereka mudah diatur dan tidak neko-neko. Bukan hanya saat Suran Agung. Namun, sejak awal Suro lalu.

Baca juga:   Kisruh Pemilu, Polisi-Demonstran Bentrok

‘’Dengan kita keliling, jalan bareng, kita beri himbauan, masyarakat merasa tenang. Pemimpimnya ikut turun menangangi langsung. Kesan pendekar yang mencekam sudah tidak ada lagi,’’ ungkapnya.

Walikota menambahkan, hal seperti itu harus terus dilakukan. Hal itu penting untuk menjaga Kota Madiun yang sudah kondusif ini semakin aman. Apalagi, walikota punya rencana besar untuk Silat Madiun ke depan. Yakni, kolaborasi event pencak silat dengan Kabupaten Madiun. Tempatnya di Alun-alun Kota Madiun. Sebulan penuh saat Suro. Silat memang dikemas menjadi wisata yang menarik wisatawan. Terutama wisatawan luar negeri.

‘’Ada banyak harapan tentang silat ke depan. Pendekar harus tertib dulu. Kota Madiun harus aman. Kota Madiun yang sudah kondusif harus terus ditingkatkan,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)