Tutup Rangkaian Bersih Desa, Jalan Sehat Tarik Perhatian Walikota

MADIUN – Kegiatan rangkaian bersih desa di Kelurahan Nambangan Lor ditutup manis dengan jalan sehat, Minggu (15/9). Seluruh masyarakat tumplek blek turut dalam gelaran bersih desa yang rutin digelar saat Suro itu. Kegiatan semakin menarik lantaran peserta diberangkatkan walikota Madiun Maidi.

Jalan sehat merupakan rangkaian berbagai kegiatan sebelumnya. Mulai selamatan dan doa bersama, kesenian reyog, dan larung sesaji di Bengawan Kali Madiun. Kegiatan berlangsung unik lagi meriah. Masyarakat tampak antusias mengikuti berbagai kegiatan tersebut.

‘’Ada banyak kegiatan dalam rangkaian bersih desa. Dengan banyaknya kegiatan ini masyarakat senang. Tatkala masyarakat senang, aliran darah jadi lancar, maka akan sehat,’’ kata walikota.

Beragam manfaat didapat. Mulai acara keagamaan yang menambah nuansa religius hingga acara olahraga yang menyehatkan. Seni budaya juga mengemuka. Belum lagi berbagai acara hiburan yang ada. Berbagai kegiatan itu sekaligus menambah kerukunan antar masyarakat. Mereka saling bahu membahu meramaikan acara.

Baca juga:   Sambut Pemimpin Baru, Kota Madiun Gelar Kirab Budaya Hingga Pesta Rakyat

‘’Bersih desa ini bukan hanya tradisi rutin. Namun, ada banyak manfaat dan pelajaran yang dapat dipetik. Ini penting untuk terus ditingkatkan,’’ ungkapnya.

Selain itu, kegiatan juga menjadi sumber perputaran ekonomi. Hal itu terlihat dari banyaknya pedagang yang mendapat manfaat dari kegiatan. Walikota berencana meningkatkan kegiatan ke depan. Terutama kegiatan larung sesaji. Kegiatan bakal ditingkatkan menjadi wisata tradisi dan olahraga. Walikota menyebut Bengawan Kali Madiun bisa menjadi tempat olahraga ski air. Hal itu diharap dapat semakin menarik wisatawan ke depan.

‘’Kota kita kota jasa. Setiap titik harus dioptimalkan. Dengan banyak kegiatan seperti ini, masyarakat akan bergerak, ekonomi meningkat, masyarakat bisa semakin sejahtera,’’ pungkasnya.

Kegiatan juga menjadi berkah tersendiri bagi anak-anak. Walikota sengaja berbagai kegembiraan dengan memberikan uang saku kepada anak-anak yang hadir dalam kegiatan jalan sehat tersebut. (ws hendro/agi/diskominfo)