Tekankan Pentingnya Pengarsipan, Pemkot Gelar Diklat Bagi ASN

MADIUN – Bagi pemerintah daerah, arsip merupakan hal yang penting. Karenanya, manajemen arsip yang baik sangat dibutuhkan untuk menunjang jalannya pemerintahan. Serta, mendukung pembangunan daerah.

Bertempat di Gedung Diklat Kota Madiun, Pemkot bekerja sama dengan Badan Pengembangan SDM Dinas Perpustakaan Jatim menyelenggarakan pelatihan teknis manajemen kearsipan bagi ASN, Senin (16/9). Kegiatan tersebut diikuti peserta dari berbagai instansi di lingkungan Pemkot Madiun.

Walikota Madiun Maidi saat memberikan sambutan menuturkan bahwa pelatihan teknis manajemen kearsipan ini dilaksanakan agar setiap instansi bisa tertib dan rapi dalam upaya pengarsipan.

“Bagi pemerintah daerah, arsip itu harus ada dan bisa dibuka kapan saja,” ujarnya.

Lebih lanjut, Walikota menerangkan, pengelolaan arsip yang tertib melalui penyimpanan dan kemudahan akses informasi merupakan bukti akuntabilitas sekaligus bentuk pertanggungjawaban instansi atau lembaga dalam penyelenggaraan negara.

Baca juga:   Tarawih Perdana, Walikota Ajak Senantiasa Tingkatkan Iman dan Taqwa

Setiap ASN juga wajib bisa mengelola arsip secara benar. “Dokumen mana yang wajib dirahasiakan, dokumen yang bisa dipublikasikan, cara meletakkannya, penyimpanannya, semua harus tahu,” tegasnya.

Untuk itu, Walikota mengajak para ASN agar tertib dalam mengelola arsip pada instansi pemerintahan. Terutama dalam era teknologi sekarang, harus menjadikan motivasi menuju perubahan. Sehingga, dalam pelayanan masyarakat akan dapat berjalan dengan cepat dan mudah.

“Bagaimana orang maju dilihat dari pengelolaan arsip. Sementara dengan kegiatan ini akan meningkatkan ASN tentang profesionalisme dalam mengelola arsip,” imbuhnya.

Ke depan, evaluasi akan dilakukan oleh Pemkot Madiun terhadap ASN terkait pengelolaan kearsipan. “Kalau sudah bagus ya dilanjutkan. Kalau belum, segera diperbaiki,” tandasnya. (WS Hendro/irs/diskominfo)