Rayakan HUT Ke-74, PMI Gelar Lomba Bagi Siswa SMP dan SMA

Di Posting Oleh madiuntoday

19 September 2019

MADIUN – Kemampuan para pelajar dalam mengasah daya ingat diuji. Yakni, dalam lomba-lomba yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Madiun sebagai peringatan hari jadinya yang ke-74. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman kantor PMI Kota Madiun di Jalan Parikesit, Kamis (19/9).

Wakil Ketua II PMI Kota Madiun Edy Hermayanto menuturkan, lomba digelar bagi siswa SMP dan SMA/SMK sederajat di Kota Madiun. Namun, dengan tantangan yang berbeda. Peserta SMA diuji dengan materi mengucap prinsip-prinsip dasar gerakan PMI dan Bulan Sabit Internasional.

‘’Sedangkan, siswa SMP mengikuti lomba mengucap Pembukaan UUD 1945,’’ tuturnya saat ditemui di sela-sela lomba.

Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa dari 15 SMA/SMK dan 18 SMP di Kota Madiun. Baik negeri maupun swasta. Masing-masing sekolah mengirimkan dua orang perwakilan. Yakni, siswa putra dan putri sebagai peserta.

Kegiatan tersebut digelar sejak pukul 08.00. Masing-masing peserta mengucapkan tantangan yang telah diberikan tanpa melihat catatan. Sehingga, semua harus dihapalkan. Penilaian dilakukan berdasarkan tingkat kehapalan siswa, gerak tubuh, dan ketegasan dalam menyampaikan tantangan.

Dari kegiatan tersebut, panitia akan memilih peserta terbaik di masing-masing kategori untuk dianugerahi trofi walikota. Yakni, untuk juara 1 dan 2 putra SMA, juara 1 dan 2 putri SMA, juara 1 dan 2 putra SMP, serta juara 1 dan 2 putri SMP.

Edy berharap, kegiatan ini tidak hanya sekadar lomba bagi para peserta. Tapi, juga sebagai upaya menanamkan nilai-nilai prinsip dasar gerakan PMI dan UUD 1945 terhadap diri anak-anak. ‘’Harapannya, para peserta bisa meresapi. Karena itu nantinya akan jadi perilaku mereka. Di kala mengarungi kehidupan dapat memilah mana yang baik dan tidak,’’ tandasnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 24 Mei 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun, bisa...

Artikel Terkait

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 24 Mei 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun, bisa melalui http://dashboard.madiunkota.go.id/ dan http://covid19.madiunkota.go.id/ [su_image_carousel source="media: 48568,48569,48570,48571,48572" crop="1:1" dots="no"...

Antisipasi Takbir Keliling, Pemkot dan TNI-Polisi Gelar Patroli

Antisipasi Takbir Keliling, Pemkot dan TNI-Polisi Gelar Patroli

MADIUN- Menyambut hari Raya Idul Fitri 1441 H yang jatuh esok hari, Pemerintah Kota Madiun bersama personil gabungan dari TNI dan Polisi gelar patroli gabungan guna mengantisipasi takbir keliling yang biasa dilakukan di malam-malam menjelang lebaran.  Patroli gabungan...

Don`t copy text!