Rayakan HUT Ke-74, PMI Gelar Lomba Bagi Siswa SMP dan SMA

MADIUN – Kemampuan para pelajar dalam mengasah daya ingat diuji. Yakni, dalam lomba-lomba yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Madiun sebagai peringatan hari jadinya yang ke-74. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman kantor PMI Kota Madiun di Jalan Parikesit, Kamis (19/9).

Wakil Ketua II PMI Kota Madiun Edy Hermayanto menuturkan, lomba digelar bagi siswa SMP dan SMA/SMK sederajat di Kota Madiun. Namun, dengan tantangan yang berbeda. Peserta SMA diuji dengan materi mengucap prinsip-prinsip dasar gerakan PMI dan Bulan Sabit Internasional.

‘’Sedangkan, siswa SMP mengikuti lomba mengucap Pembukaan UUD 1945,’’ tuturnya saat ditemui di sela-sela lomba.

Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa dari 15 SMA/SMK dan 18 SMP di Kota Madiun. Baik negeri maupun swasta. Masing-masing sekolah mengirimkan dua orang perwakilan. Yakni, siswa putra dan putri sebagai peserta.

Kegiatan tersebut digelar sejak pukul 08.00. Masing-masing peserta mengucapkan tantangan yang telah diberikan tanpa melihat catatan. Sehingga, semua harus dihapalkan. Penilaian dilakukan berdasarkan tingkat kehapalan siswa, gerak tubuh, dan ketegasan dalam menyampaikan tantangan.

Baca juga:   Penasaran dengan Pemenang Kontes Modifikasi Mobil dan Motor Pekan Cukai Pemkot Madiun?...

Dari kegiatan tersebut, panitia akan memilih peserta terbaik di masing-masing kategori untuk dianugerahi trofi walikota. Yakni, untuk juara 1 dan 2 putra SMA, juara 1 dan 2 putri SMA, juara 1 dan 2 putra SMP, serta juara 1 dan 2 putri SMP.

Edy berharap, kegiatan ini tidak hanya sekadar lomba bagi para peserta. Tapi, juga sebagai upaya menanamkan nilai-nilai prinsip dasar gerakan PMI dan UUD 1945 terhadap diri anak-anak. ‘’Harapannya, para peserta bisa meresapi. Karena itu nantinya akan jadi perilaku mereka. Di kala mengarungi kehidupan dapat memilah mana yang baik dan tidak,’’ tandasnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)