Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Walikota Imbau Masyarakat Jadikan Pancasila Sebagai Pedoman

MADIUN- Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tak hanya menjadi pengingat bagi masyarakat untuk mengenang jasa para pendahulunya. Namun, momentum bersejarah ini harus jadi pelecut semangat untuk meneruskan perjuangan agar generasi mendatang bisa menikmati kehidupan yang lebih baik.

Maka dari itu, bertepatan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada Selasa (1/10),  Walikota Madiun Maidi, mengajak masyarakat untuk senantiasa mengamalkan nilai-nilai ideologi bangsa untuk dijadikan sebagai pedoman dalam berkehidupan.

‘’Pancasila bukan sekadar kata-kata, namun harus kita maknai dan harus kita jaga. Paham-paham yang tidak sesuai dengan negara seperti narkoba, radikalisme harus kita berantas,” tegasnya seusai upacara.

Lebih lanjut walikota mengatakan, Pancasila harus dihayati, mulai dari generasi tua hingga anak-anak. Di Kota Madiun, lanjutnya, penanaman nilai-nilai luhur Pancasila sudah diterapkan sejak TK hingga jenjang SMP.

Baca juga:   Bukber di DPRD, Walikota Beri Kesan Indahnya Berbagi

“Pemkot selalu berupaya untuk membentuk karakter bangsa sesuai Pancasila. Baik di lingkungannya sendiri, masyarakat, atau di lingkunhan sekolah,” tegasnya.

Dalam prosesi Upacara Hari Kesaktian Pancasila juga diisi dengan pembacaan ikrar dari Ketua DPR RI Bambang Soesatyo oleh Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya. Di dalam naskah tersebut, dibacakan mengenai komitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan ideologi Pancasila.
(ws hendro/luki/kus/diskominfo)