Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Kesehatan, Dinkes KB Gelar Lomba UKBM

Di Posting Oleh madiuntoday

1 Oktober 2019

MADIUN – Upaya menjaga kesehatan tidak hanya menjadi tugas dan kewajiban pemerintah saja. Tetapi, juga seluruh lapisan masyarakat di dalamnya. Karena itu, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana menggelar kegiatan menarik. Yakni, lomba Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM).

Kegiatan tersebut berlangsung di Wisma Haji Kota Madiun, Selasa (1/10). Beragam perlombaan menarik pun digelar sebagai gambaran peran serta masyarakat. Khususnya, di sektor kesehatan.

‘’Total ada tujuh lomba,’’ tutur Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes KB Kota Madiun dr. Ismudoko saat ditemui dalam kegiatan tersebut. Beberapa lomba yang digelar antara lain, Posyandu Lansia, Bina Keluarga Lansia, Posyandu Balita, Bina Keluarga Remaja, Kelurahan Bebas Jentik, serta Lomba Pokja Kelurahan Sehat.

Ismudoko menjelaskan, peserta dalam kegiatan tersebut merupakan posyandu yang telah ditunjuk oleh enam puskesmas di Kota Madiun. Model lombanya pun unik. Para peserta diminta membuat postingan kegiatan posyandu mereka melalui media sosial. Seperti, Facebook, Instagram, hingga Youtube.

‘’Karena itu, penilaian tidak dari juri saja. Kami juga melibatkan masyarakat untuk menilai melalui postingan yang sudah dibuat oleh peserta,’’ terangnya.

Dari postingan tersebut, para peserta diminta memaparkan kegiatannya di depan para juri. Peserta yang kegiatannya paling menarik dan membawa perubahan yang lebih baik terhadap masyarakat menjadi pemenangnya.

Ismudoko berharap, melalui perlombaan ini dapat memberikan gambaran bagi masyarakat terkait upaya-upaya kesehatan di Kota Madiun. Serta, meningkatkan partisipasi warga dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. ‘’Kami juga berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan terus-menerus dan bermanfaat bagi masyarakat Kota Madiun,’’ tandasnya. (Ayu/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Ketati Penerapan Protokol Covid-19, Walikota Berdayakan Linmas

Ketati Penerapan Protokol Covid-19, Walikota Berdayakan Linmas

MADIUN- Sesuai dengan peranannya, Linmas (perlindungan masyarakat) bertugas dan ikut serta dalam melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan...

Don`t copy text!