Lomba Sekolah Sehat Jadi Ajang Tingkatkan PHBS Bagi Siswa

MADIUN- Lomba sekolah sehat (LSS) tiap tahunnya telah digalakkan oleh Pemerintah Kota Madiun. Baik dari tingkat seluruh sekolah dasar, hingga tingkat kota. Tak heran jika beberapa waktu lalu kota ini mendapatkan kunjungan dari tim verifikasi sekolah sehat tingkat nasional.

Hal ini dilatarbelakangi kesigapan dinas terkait dalam mempersiapkan tiap lembaga sekolah untuk mendapatkan predikat sekolah sehat. Seperti yang terlihat Rabu (9/10). SDN 01 Kartoharjo yang masuk menjadi nominator LSS tingkat Kecamatan Kartoharjo. Sekolah yang dikenal dengan nama Guntur itu mendapat kunjungan dari tim juri penilai LSS.

“Penilaian kali ini mencakup sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Seperti toilet apakah bersih, kantin menjual makanan sehat, dan lainnya. Tujuannya yakni untuk mewujudkan lingkungan yang nyaman dan sehat,” ujar Sulis Setyaningsih salah satu tim juri.

Baca juga:   Rawan Sakit, Hewan Kurban di Penjual Diperiksa Petugas

Lebih lanjut dirinya mengatakan, selama ini program sekolah sehat sudah berlangsung melalui usaha kesehatan sekolah (UKS). Melalui kegiatan-kegiatan lingkungan sehat yang diadakan di tingkat sekolah, serta melalui kantin sehat. Maka dari itu, adanya lomba ditujukkan untuk memacu sekolah dan siswa untuk lebih meningkatkan penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Kami berharap output dari lomba ini adalah baik dari sekolah, pengajar, ataupun para siswa bisa menerapkan PHBS. Yang jelas terlepas dari perlombaan, giat ini untuk melatih anak-anak punya pengetahuan melatih pola hidup bersih, sehat sekaligus bagaimana penerapannya,” tandasnya.
(Ayu/kus/madiuntoday)