Salurkan Bantuan Sembako Hingga Rehab Rumah, Walikota Harap Rumah Saikun Makin Berkah

MADIUN – Program kunjung warga rangkaian kunjungan kerja Walikota Maidi di Kelurahan Banjarejo, Taman, menjadi berkah bagi keluarga Saikun, Jumat (11/10) malam. Bagaimana tidak, berbagai bantuan diberikan. Mulai bahan pokok hingga bantuan rehab rumah. Tak heran, kebahagiaan terpancar di raut wajah Saikun beserta keluarga. Apalagi, walikota juga dijadwalkan menginap di rumahnya malam ini.

Rumah Saikun memang butuh perbaikan. Khususnya bagian atap. Rumah bakal mendapat bantuan dari program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Besarannya Rp 10 juta. Besaran anggaran bakal dikhususkan untuk perbaikan atap. Hal itu penting lantaran sering bocor kala hujan. Apalagi, musim hujan sebentar lagi datang. Kegiatan perbaikan akan dilakukan segera.

“Kegiatan seperti ini terbukti penting. Dengan berkunjung kita bisa tahu secara langsung dan memberikan solusinya,” kata walikota.

Seperti kondisi rumah Saikun. Pria 60 tahun itu tinggal bersama Sainem, 90, ibunya dan empat orang anak. Untuk mencukupi kebutuhan, Saikun menghandalkan hasil penjualan tahu. Tak heran, perbaikan rumah tentu sulit diwujudkan. Bagaimana tidak, penghasilannya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Walikota menyebut pemerintah harus hadir. Bantuan diharapkan dapat mengurangi kesedihan dan menambah semangat untuk ke depannya.

Baca juga:   Rakor Apeksi Regional IV Dimulai, PPPK dan Dana Kelurahan Jadi Topik Utama

“Pemerintah akan sering turun ke bawah melihat dan mendengar langsung keluhan masyarakat. Salah satunya, seperti kegiatan malam ini,” imbuhnya.

Bantuan tidak hanya untuk keluarga Saikun. Namun, juga sejumlah warga lain. Totalnya, terdapat delapan RTLH dan lima Jambanisasi. Selain itu, Kelurahan Banjarejo sudah melakukan sejumlah pembangunan. Di antaranya, enam pavingisasi dan empat saluran. Pembangunan tidak hanya secara fisik. Namun, juga pembangunan manusia melalui pelatihan-pelatihan. Mulai pelatihan membuat kue, kursus mengemudi, pelatihan memasak, pembinaan siaga bencana, pembinaan kader lansia, anak, dan ibu hamil. Walikota juga menyerahkan bantuan kepada sepuluh anak yatim dan 50 kaum duafa. (dhevit/hendro/agi/diskominfo)