Wujudkan 2023 Jatim Bebas Katarak, Gubernur Khofifah Gelar Operasi Gratis di Kota Pendekar

MADIUN – Angka kebutaan di Jawa Timur masih di atas rata-rata Nasional. 80 persennya disebabkan oleh katarak. Karenanya, penanganan kebutaan menjadi salah satu program prioritas Pemprov Jatim. Khususnya, pada peringatan Hari Jadi Pemprov Jatim yang ke-74 ini.

Realisasi penanganan kebutaan itu salah satunya dibuktikan dengan program Gerakan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis di Paviliun Merpati RSUD dr. Soedono Kota Madiun, Jumat (11/10).

‘’Dengan kegiatan seperti ini kita berharap 2023 Jawa Timur sudah bebas Katarak,’’ tutur Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat ditemui dalam kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, Gubernur menjelaskan, gerakan penanganan katarak ini akan terus dilakukan di beberapa titik yang sudah dipetakan di Jatim. Dalam penyelenggaraannya, Pemprov Jatim bekerja sama dengan Komite Mata Daerah (Komatda), Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), dan salah satu bank swasta terbesar di Indonesia.

Baca juga:   Optimalkan KBM, Dinkes Periksa Siswa Baru Tiap Tahun Ajaran Baru

“Kami juga sudah koordinasi secara teknis, supaya continuity dari seluruh ikhtiar ini bisa kita lanjutkan. Jadi, hari ini kita mulai tekad dan sinergi bersama mewujudkan Jatim bebas katarak 2023,” jelasnya.

Mantan Menteri Sosial ini mengatakan, kegiatan-kegiatan sosial seperti ini sebenarnya telah banyak dilakukan. Namun, kali ini Gubernur menitikberatkan bahwa yang ingin dicapai adalah target yang lebih maksimal dari sebelumnya.

Dengan sinergitas yang kuat dari berbagai pihak, diharapkan upaya 2023 Jatim bebas Katarak ini dapat terwujud secara optimal sesuai yang diharapkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim Dr. dr. Kohar Hari Santoso, Sp.An.KIC.KAP menjelaskan bahwa angka kebutaan di Jatim mencapai lebih dari 400 ribu. Hal ini disebabkan oleh faktor resiko dari beberapa penyakit. Seperti, Diabetes, Hipertensi, dan paparan sinar ultraviolet. “Oleh karenanya, arah pencegahan kita kesana,” imbuhnya. (istimewa/irs/madiuntoday)