Fasilitasi Warga Berhenti Merokok, Dinkes KB Kota Madiun Buka Klinik UBM di Seluruh Puskesmas

MADIUN- Pemkot Madiun melalui Dinas Kesehatan dan KB (Dinkes KB) Kota Madiun memberikan fasilitas kepada warganya yang ingin berhenti merokok dengan membuka Klinik Upaya Berhenti Merokok (UBM) yang saat ini sudah tersebar di seluruh puskesmas yang ada di Kota Pendekar.

Klinik UBM menjadi salah satu klinik inovasi yang ada di puskesmas dengan tujuan untuk mewadahi orang-orang yang ingin berhenti merokok, namun tidak tahu harus memulai darimana.

“Tentunya berhenti merokok dari keinginan pribadi. Dinkes sudah memfasilitasi masyarakat lewat klinik UBM yang ada diseluruh puskesmas,” ujar Kadinkes dr. Agung Sulistya Wardani.

Layananannya berupa cek kadar CO dalam pernafasan dan konsultasi, setelah itu kontrol dua minggu sekali. Terkait prosedur pendaftaran, Wardani mengatakan warga yang memiliki keinginan untuk berhenti langsung dipersilahkan menuju ke puskesmas terdekat, setelah itu memastikan jam operasional klinik. Lalu akan langsung ditangani oleh para petugas.

Baca juga:   Cegah Stunting, Sekda Dorong Sinergi Antar OPD dan Masyarakat

“Keberadaan klinik UBM ini sudah sejak tiga tahun lalu, selain di puskesmas kami juga jemput bola memberikan sosialisasi ke sekolah-sekolah,” jelasnya.

Terbaru, imbuhnya, Klinik UBM juga terdapat di health carnival yang masuk dalam rangkaian kunjungan kerja walikota tiap bulan di seluruh kelurahan yang ada di Kota Madiun.

Melalui Klinik UBM ini, Wardani mengimbau kepada masyarakat agar jangan berhenti merokok karena sudah terserang penyakit. Klinik UBM akan memfasilitasi masyarakat dengan konsultasi dan pendampingan agar tujuan akhir untuk berhenti merokok dapat tercapai.
(dhevit/kus/madiuntoday)