Tak Melulu Penindakan, Dishub Bantu Derek Mobil Warga di Pinggir Jalan

MADIUN – Ada yang berbeda pada giat inspeksi mendadak (sidak) Dinas Perhubungan Kota Madiun terkait parkir tepi jalan umum, Kamis (17/10). Tak hanya menindak pengguna jalan yang melanggar peraturan, para petugas juga memberikan bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Hal ini seperti yang terlihat pada saat petugas berada di Jalan HA. Salim untuk menindak pelanggaran. Sebuah mobil Avanza berwarna putih tampak terparkir di tepi jalan sebelah kanan. Padahal, lokasi itu sudah diberi tanda larangan parkir.

Saat petugas mendekati, pemilik menjelaskan bahwa mobilnya sedang mogok. Petugas pun membantu dengan mendorong mobil tersebut.

Dua kali dilakukan dorongan, mesin mobil tak kunjung menyala. Akhirnya, petugas berinisiatif menderek mobil tersebut untuk dibawa ke bengkel. ‘’Tidak ditilang. Kami bantu, ini pelayanan kepada masyarakat,’’ ujar salah seorang petugas di lapangan.

Baca juga:   Fulgentius Dio, Lettu Penerbang Termuda Saat Akrobatik Udara Rangkaian Serah Terima

Sekitar setengah jam, akhirnya mobil dapat terpasang dengan alat derek. Kemudian, petugas membawanya ke bengkel terdekat.

Sementara itu, penindakan tetap dilakukan kepada pengendara lainnya yang melanggar aturan. Setidaknya, petugas berhasil menggembok tiga mobil di Jalan Jawa dan Jalan Pahlawan. Petugas juga sekaligus mensosialisasikan aturan parkir tepi jalan umum dan jalur sepeda.

‘’Kami memberikan pembinaan. Khususnya, di jalur sepeda. Mari saling menghormati. Kalau ada yang parkir di jalur sepeda, diberitahu,’’ ujar Walikota Madiun Maidi saat ditanya terkait sosialisasi.

Walikota pun berharap, seluruh masyarakat dapat memahami aturan yang telah diberlakukan oleh Pemkot Madiun. Khususnya, terkait jalan umum. ‘’Pengguna kendaraan mematuhi aturan dan menghormati pengguna jalan yang lain,’’ tegasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)