Komitmen Wujudkan Lingkungan Sehat, Dinkes Lakukan Deklarasi STBM di Tingkat Kelurahan

MADIUN- Komitmen mewujudkan lingkungan sehat terus digalakkan oleh Pemkot Madiun. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan KB Kota Madiun. Senin (21/10) mereka melakukan deklarasi  Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Menurut Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan dan KB Kota Madiun Ismudoko, program tersebut sangat penting untuk memperkuat upaya pemberdayaan hidup bersih dan sehat. Dirinya berharap, kedepan jumlah kelurahan yang berhasil menerapkan STBM terus bertambah.

“Sekaligus kegiatan ini sebagai upaya memberikan apresiasi kepada masyarakat dan juga sarana penyampaian tekad dan komitmen untuk mewujudkan Kelurahan Madiun Lor dan Kelurahan Manguharjo sebagai kelurahan STBM yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ismudoko mengatakan, dua kelurahan tersebut mendapatkan predikat kelurahan STBM karena telah menerapkan lima kategori yang menjadi penilaian, yakni pertama, stop buang air besar sembarangan, kedua, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, ketiga, pengelolaan air minum dan makanan di rumah tangga, keempat, pengelolaan sampah di rumah tangga, kelima, pengelolaan limbah cair di rumah tangga.

Baca juga:   Artis Hingga PRT Wajib Dapat Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan

“Berdasarkan hasil verifikasi oleh tim verifikasi kelurahan STBM Kota Madiun, dari sejumlah Kelurahan di Kecamatan Manguharjo, dinyatakan sudah memenuhi syarat dan dinyatakan layak sebagai Kelurahan STBM,”ucapnya.

Ismudoko berharap, melalui giat ini dapat memacu masyarakat untuk lebih optimal dalam optimalisasi sanitasi berbasis kemasyarakatan. Dirinya juga berharap agar seluruh elemen masyarakat dan stakeholder mampu berperan dalam rangka mewujudkan predikat tersebut secara bersama-sama.
(Dhevit/farid/kus/madiuntoday)