Pacu Ekonomi Kreatif, Puluhan Ibu-Ibu Kelurahan Kuncen dan Josenan Dilatih Berbisnis Kuliner

MADIUN- Ruang Praktik Tata Boga SMKN 4 Kota Madiun ramai dengan ibu-ibu yang dengan antusias sedang menjalani pelatihan aneka kue, Rabu (23/10). Mereka adalah warga Kelurahan Kuncen dan Josenan yang mendapatkan pelatihan pembuatan aneka kue dan roti.

Seperti burger mini, sus keranjang, sus gulung, pie ayam, dan roti selai. “Tujuannya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Kota Madiun. Harapannya tentu peserta menciptakan ekonomi kreatif dengan membuka usaha kuliner, apalagi kulineran yang hits,” ujar Lurah Josenan, Basari.

Pelatihan tersebut rencananya dijadwalkan berlangsung sejak 21 hingga 25 Oktober 2019. Lebih lanjut Basari mengatakan, pelatihan tersebut memiliki korelasi dengan peningkatan ekonomi warganya. Dengan syarat, kata dia, para warga yang diberi pelatihan mengimplementasikan ilmu yang didapat dengan membuka usaha kuliner.

Baca juga:   Kuncen Manfaatkan Dana Kelurahan untuk Pelatihan Warga, Kejaksaan Beri Pendampingan

“Hasil yang didapat bisa untuk diterapkan, buka usaha kecil-kecilan di rumah, jadi masyarakat lainnya bisa memanfaatkan semua,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sri Muslikah instruktur dari SMKN 4 Kota Madiun berharap hasil yang didapat selama pelatihan lima hari bisa diterapkan dan dioptimalkan oleh masyarakat.

“Selama lima hari ini pelatihannya beda-beda hari pertama membuat adonan roti dan burger mini. Hari kedua adonan sus, dan lain sebagainya. Harapannya pelatihan yang didapat bisa diterapkan dan kuliner yang dihasilkan bisa bersaing di pasaran,” tandasnya.
(istimewa/kus/madiuntoday)