Walikota Optimalkan Peran Kepala Sekolah Bangun Kota Pintar

MADIUN – Kepala sekolah memegang peranan penting dalam menjaga mutu pendidikan. Karenanya, mereka dituntut untuk senantiasa melahirkan inovasi. Tak hanya untuk meningkatkan prestasi anak didik, tapi juga menjaga semangat para guru untuk mencerdaskan siswanya.

Untuk memberikan dorongan semangat sekaligus arahan bagi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, Pemkot Madiun menggelar kegiatan khusus. Yakni, penguatan kepala sekolah selama tiga hari yang berlangsung di Gedung Graha Mangga, 5-7 November 2019.

Pada hari terakhir pelaksanaan kegiatan tersebut, Walikota Madiun Maidi berkesempatan hadir untuk memberikan materi kepada para kepala sekolah. Mulai dari TK, SD, hingga SMP. Dalam kegiatan tersebut, Walikota menjabarkan program Panca Karya yang menjadi acuan kerja pemkot hingga lima tahun mendatang. Khususnya, di sektor pendidikan.

‘’Saat ini, kita sudah menuju Smart City. Maka semuanya harus lebih baik. Kota Madiun harus menjadi rujukan bagi daerah-daerah lainnya,’’ ujar Walikota saat memberikan pengarahan kepada kepala sekolah, Kamis (7/11).

Baca juga:   Gelar Bimtek Smart City Kali Ketiga, Pemkot Madiun Kian Matangkan Masterplan Agar Sempurna

Panca Karya, lanjut Walikota, telah sejalan dengan program strategis Pemerintah Pusat dan Pemprov Jawa Timur. Dalam hal pendidikan, Walikota memiliki tujuh program unggulan. Di antaranya, memberikan bantuan laptop gratis bagi siswa SD dan SMP, peningkatan kapasitas ASN melalui pendidikan dan pelatihan, serta memberikan pelayanan kesehatan terpadu bagi masyarakat.

Walikota berharap, kepala sekolah dapat menjadi top manager yang mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Khususnya, bagi lembaga yang dipimpinnya. Sehingga, nantinya kualitas pendidikan di Kota Madiun semakin merata dan meningkat.

‘’Orang Madiun harus pintar. Sehingga, bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya. Serta, memberikan dampak yang lebih baik kepada daerah sekitar,’’ imbuhnya.

Untuk dapat melaksanakannya, tentu dibutuhkan kerja keras dan semangat yang kuat dari berbagai pihak. Khususnya, kepala sekolah selaku pimpinan. Dengan optimisme yang kuat, diharapkan target Madiun Kota Pintar dapat segera terwujud. (luki/irs/diskominfo)