BPBD Kota Madiun Imbau Warga Waspadai Angin Kencang di Awal Musim Penghujan

MADIUN-Beberapa kali hujan telah membasahi Kota Pendekar sejak awal November lalu. Tak hanya membawa air, kedatangan musim penghujan juga dibarengi dengan datangnya angin kencang. Maka dari itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Madiun mengimbau warga mewaspadai angin kencang hingga beberapa hari ke depan.

Hal ini didasari pada temuan petugas yang telah menjumpai sejumlah pohon tumbang maupun dahan patah, terutama yang berada di wilayah jalur Ring Road. Kepala Pelaksana BPBD Kota Madiun Agus Hariono mengatakan, memang titik lokasi rawan pohon tumbang bukan di pemukiman padat penduduk. Namun pihaknya mengatakan agar warga tetap waspada.

“Apalagi saat ini sudah memasuki musim pancaroba atau peralihan musim kemarau ke musim penghujan, yang biasanya ditandai hujan lebat disertai angin kencang. Saya mengimbau, tatkala ada angin kencang, jangan sekali-kali berteduh dibawah pohon dan mungkin jangan berteduh di bangunan yang sudah tua karena itu membahayakan diri sendiri,” ungkap Agus.

Baca juga:   Bahas Raperda APBD 2019, Pemkot-DPRD Sepakat Selesaikan Tepat Waktu

Menyikapi hal tersebut, BPBD telah bekerjasama dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukimanan (Disperkim) melakukan pemangkasan ranting pohon. Tak hanya itu, warga juga diminta untuk melakukan pemangkasan pohon yang rawan tumbang guna mengantisipasi kejadian angin kencang. Terutama yang berdekatan dengan rumah atau tiang listrik.

Agus menjelaskan, pohon yang rawan tumbang biasanya memiliki ciri pohon dengan ketinggian di atas 10 meter, dengan dahan sangat lebat. Kemudian beberapa akar ada yang dipotong akibat pembangunan sehingga tidak mampu menopang,  serta pohon sudah berusia tua ditandai dengan batang yang mulai keropos.

Berdasarkan perkiraan dari Badan Meteorologi,  Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Agus mengatakan,  kecepatan angin rata-rata 30 km/jam. Kelembapan sekitar 55-85 persen, serta suhu antara 24-33 derajat celcius. Sedangkan untuk cuaca di Kota Madiun saat ini terang berawan.
(dhevit/kus/madiuntoday)