Resmi Dibuka Walikota, Madiun Bonsai Festival 2019 Diproyeksi Jadi Event Nasional Tahun Depan

MADIUN- Kota Pendekar tak pernah sepi acara. Tiap minggunya selalu ada saja kegiatan baru yang layak untuk dijadikan jujugan bagi masyarakat sekitar ataupun luar. Teranyar, baru saja dibuka oleh Walikota Madiun Maidi, yaitu Madiun Bonsai Festival 2019 yang bertempat di Taman Hutan Kota Madiun.

Walikota mengapresiasi gelaran yang baru pertama kali digelar di kota ini. Dalam sambutannya walikota mengatakan jika pemerintah daerah akan selalu berusaha memfasilitasi semua kegiatan masyarakat yang berdaya guna dan positif.

“Kalau hutan kota digunakan untuk pameran bonsai, sudah pas. Untuk kegiatan yang berhubungan dengan tanaman, ini cocok disini. Jadi yang datang kesini sudah pasti suka dan ahli bonsai,” ungkapnya saat membuka acara pada Sabtu (9/11).

Lebih lanjut walikota meminta kepada segenap panitia ataupun komunitas bonsai Madiun untuk mengadakan acara pameran yang lebih besar dengan standar nasional. Jika memiliki taraf nasional, kata dia, maka peserta akan banyak, Kota Pendekar bisa hadi tempat berkumpulnya para penghobi bonsai. Hobi berjalan, ekonomi kreatif juga produktif.

“Saya minta ke perkumpulan bonsai Madiun, tolong adakan pameran bonsai nasional di kota ini. Yang  mengadakan perkumpulan betul-betul penghobi. Nanti kalau di tingkat nasional kita matchkan. Bonsai ini seninya tinggi dan dan punya nilai jual tinggi juga,” katanya.

Baca juga:   100 Persen Usulan Masuk Pekerjaan 2019, Walikota Minta Masyarakat Ngegong Turut Mengawasi

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Madiun Bonsai Festival Wignyo Yulianto mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Madiun yang telah memfasilitasi untuk komunitasnya menggelar acara. Dirinya tak menyangka, animo para penghobi bonsai dengan pameran ini sangat tinggi.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya Pemkot Madiun. Madiun Bonsai Festival ini pertama kali diadakan, padahal sekarang tingkatnya lokal tapi peserta yang ikut pameran mencapai ratusan,” ujarnya.

Wignyo menyebutkan, total peserta sebanyak 245 yang terdiri dari para penggemar bonsai yang ada di Jawa Timur, diantaranya Kota Madiun, Jombang, dan Mojokerto. Bahkan, dirinya menambahkan, tercatat juga peserta yang berasal dari Jawa Tengah.

“Memang tujuan kita untuk memasyarakatkan bonsai. Tujuannya biar semua itu tahu kalau untuk merawat dan membudidayakan bonsai ini tidak serumit yang dipikirkan,” ucapnya.

Rencananya Madiun Bonsai Festival 2019 akan digelar selama satu minggu, yakni selama 7 hingga 14 November 2019 mendatang. Bertempat di Taman Hutan Kota yang berada di Jalan Basuki Rahmad Kota Madiun.
(dhevit/kus/diskominfo)