Sambut Tim Surveyor Puskesmas, Walikota Harap Akreditasi Capai Paripurna

MADIUN – Tim Surveyor Akreditasi melakukan penilaian terhadap dua Puskesmas di Kota Madiun. Yakni, Puskesmas Manguharjo dan Tawangrejo. Keduanya kembali dinilai untuk reakreditasi yang dilaksanakan 3 tahun sekali.

Kedatangan tim surveyor disambut oleh Walikota Madiun Maidi, Wakil Walikota Madiun Indah Raya Ayu Miko Saputri, Sekda Rudiyanto, Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi, Kepala OPD, camat, dan pengelola puskesmas di Ruang Kresna Aston Hotel Madiun, Minggu (10/11).

Ketua Tim Surveyor Akreditasi Sugian Nor menjelaskan, akreditasi adalah satu tahap penilaian untuk mengetahui tingkat standar kerja puskesmas, serta meningkatkan mutu dan kinerja.

“Standar ini meliputi berbagai hal. Mulai dari manajemen, administrasi, mutu pelayanan, hingga keselamatan pasien dan petugas,” jelas Sugian.

Menurutnya, tugas tim surveyor akreditasi adalah memotret kinerja puskesmas dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Sedangkan, lulus tidaknya akreditasi ditentukan oleh komisi akreditasi.

Lebih lanjut, Sugian menjelaskan, mencapai standar akreditasi sebenarnya mudah. Lembaga kesehatan, dalam hal ini puskesmas, hanya perlu mengikuti instruksi sesuai aturan yang berlaku. Serta, melaksanakan saran-saran yang diberikan oleh tim surveyor untuk peningkatan mutu pelayanan.

Baca juga:   Bahas Madiun Kota Terbuka, Program Walikota Menyapa Jadi Ajang Aspirasi Warga

Sementara itu, Walikota Madiun Maidi menyambut baik kedatangan tim akreditasi yang melakukan penilaian terhadap puskesmas di Kota Madiun.

Walikota mengungkapkan, reakreditasi ini penting agar kualitas pelayanan kesehatan tetap terjaga, mampu diintegrasikan, dan dibudayakan.

“Selama ini, puskesmas di Kota Madiun telah menunjukkan performa yang terbaik. Karena itu, kami berharap reakreditasi ini mampu mendapatkan nilai yang maksimal,” ujarnya.

Berbagai upaya telah diupayakan oleh Pemkot Madiun maupun masing-masing puskesmas. Antara lain, dengan pengembangan sistem manajemen mutu, upaya perbaikan kinerja yang berkesinambungan, baik dalam pelayanan klinis, manajemen dan penyelenggaraan kesehatan lainnya.

“Kami mendukung adanya akreditasi puskesmas di Kota Madiun. Harapan kami bisa mencapai predikat utama atau paripurna bisa diraih,” harapnya. (Dhevit/irs/diskominfo)