Gandeng SMKN 1 Kota Madiun, Disnaker Bekali Masyarakat Pelatihan Las Stainless

MADIUN- Pelatihan keterampilan dasar terus digalakkan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Madiun. Terbaru pihaknya menggelar pelatihan dasar las pada stainless, peserta berasal dari masyarakat Kota Madiun dengan menggandeng SMKN 1 Kota Madiun sebagai instruktur pelatih.

Para peserta dibekali pelatihan las mulai dari nol. Hal ini seperti yang diungkapkan Wakasek Sarana dan Prasarana SMKN 1 Kota Madiun Setyo Budianto, dirinya mengatakan pelatihan yang diberikan berupa memotong dan menyambungkan pipa stainless.

“Sampai kami nyatakan bisa memotong dan menyambung, kalau sudah bisa baru mengarah ke benda kerja contonya memperbaiki kursi yang patah dan lain-lain. Makannya pelatihan memakan waktu 25 hari lamanya,” ujarnya.

Baca juga:   Menikmati Embun Upas di Dataran Tinggi Dieng

Biasanya, lanjut Setyo, kesulitan yang dialami para peserta adalah melemaskan tangan untuk menggerakan alat las yang sama sekali belum pernah dioperasikan oleh para peserta pelatihan. Karena, kata dia, untuk mengelas hingga menyambungkan stainless, dibutuhkan ketelatenan dan jam terbang yang tinggi.

“Dari kami tujuh instruktur diturunkan untuk melatih para peserta. Kami harap melalui ajang pelatihan ini mereka memiliki keahlian baru. Syukur-syukur diterapkan di usaha las mereka sendiri,” ungkapnya.

Biasanya di akhir masa pelatihan, para peserta akan menghasilkan meja, kursi panjang, dan peralatan yang dihasilkan dari stainlees lainya.
(dhevit/kus/madiuntoday)