Mulai Pembangunan, Pemkot Sulap Jalan Pahlawan Lebih Nyaman

MADIUN – Pemandangan berbeda terlihat di Jalan Pahlawan Kota Madiun beberapa hari terakhir. Pohon-pohon besar di sekitarnya tampak ditebang habis. Trotoar pun turut dibongkar. Sementara, alat berat terus disiagakan di lokasi tersebut.

Hal itu bukan tanpa alasan. Sebab, Pemkot Madiun sedang melakukan pembenahan wajah Jalan Pahlawan agar lebih menarik. Sehingga, ke depannya Jalan Pahlawan bisa menjadi ikon tersendiri bagi Kota Madiun.

Walikota Madiun Maidi menjelaskan, penataan Jalan Pahlawan dimulai dengan membangun trotoar yang lebih lebar. ‘’Jalan Pahlawan itu lebarnya 19 meter. Kami akan bangun trotoar yang lebih lebar menjadi 4,5 meter di kanan dan kiri. Sehingga, masih sisa 10 meter untuk jalan,’’ terangnya saat memantau proyek perbaikan Jalan Pahlawan setelah Upacara Hari Pahlawan di Balaikota, Minggu (10/11).

Trotoar yang diperlebar, lanjut Walikota, akan menjadi tempat kegiatan warga. Baik berjalan kaki, bersantai, hingga sekadar menikmati suasana kota. Pemkot akan menambah meja dan kursi yang dapat digunakan untuk beristirahat. Juga lampion dan hiasan lainnya agar semakin indah dan dapat dinikmati. Baik di siang hari maupun malam hari.

Baca juga:   Perkim Sebar Benih Ikan Koi di Hutan Kota

Terkait pohon besar yang saat ini ditebang, Walikota menjelaskan bahwa tumbuhan tersebut telah keropos di bagian dalam. Sehingga, sangat berbahaya karena berpotensi rubuh ketika musim hujan tiba nanti. Karenanya, pemkot akan segera menggantinya dengan pohon yang baru.

‘’Tentu saja pohon tidak hanya memiliki fungsi untuk meneduhkan. Tapi juga sarana refreshing. Karena itu, pemkot akan menggantinya dengan pohon yang berbunga agar suasana lebih indah,’’ terangnya.

Lebih lanjut, Walikota menjelaskan, pembenahan Jalan Pahlawan pada 2019 akan difokuskan mulai depan Bank Mandiri hingga Jalan Perintis Kemerdekaan. Proyek tersebut akan berlanjut di 2020 dan 2021. ‘’Target selesai semuanya pada 2021. Termasuk penutupan sungai di Selatan balaikota,’’ jelasnya.

Walikota berharap, penataan Jalan Pahlawan yang lebih baik ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Walikota juga berpesan kepada pengendara motor maupun mobil untuk menurunkan kecepatannya ketika melewati Jalan Pahlawan.

‘’Karena Jalan Pahlawan ini pusat ekonomi Kota Madiun. Mari hargai pengguna jalan yang lainnya. Tetap utamakan keselamatan dalam berkendara,’’ tegasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)