Puluhan Ibu-Ibu Kreasikan Kain Perca Jadi Keset Karakter Berdaya Jual Tinggi

Di Posting Oleh madiuntoday

13 November 2019

MADIUN- Kreativitas bisa datang dari mana saja. Asal ada niat dan kemauan untuk melakukannya. Itulah yang tergambar dari puluhan ibu-ibu yang diberikan pelatihan kerajinan kain perca di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Madiun pada Rabu (13/11).

Dengan penuh antusias mereka menyulap kain perca menjadi sebuah keset berkarakter tokoh kartun, seperti nemo, hello kitty, micky mouse, dan angry bird. Pelatihan itu digelar dalam rangka memberikan keterampilan baru kepada ibu-ibu rumah tangga yang ada di Kota Madiun, sehingga harapannya mereka bisa menjalankan usaha dan mandiri.

Seperti yang diungkapkan instruktur pelatihan yang berasal dari Deta Craft Rini Wijayanti. Dirinya sengaja memberikan pelatihan perca khusus membuat keset karakter katun yang memang produknya tengah laku di pasaran.

“Nilai jual keset karakter ini memang tinggi. Harapannya dengan modal minimal, para peserta ini bisa mandiri dan bisa menambah pendapatan keluarga,” ujarnya saat ditemui disela-sela pelatihan.

Rini menjelaskan, untuk membuat keset karakter kartun dari kain perca tidaklah susah. Kuncinya hanya ketelatenan dan sabar. Pasalnya membuat keset dari kain perca merupakan pekerjaan yang diulang-ulang.

“Membuatnya mudah. Pertama kita membuat pola, lalu dipotong, dijahit tepinya supaya rapi, baru mulai pemasangan kain perca,” tandasnya.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Jelang Peluncuran, Pemkot Madiun Matangkan Program Pendekar Waras

Jelang Peluncuran, Pemkot Madiun Matangkan Program Pendekar Waras

MADIUN – Pemkot Madiun terus menyempurnakan program Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Agar Warga Sehat (Pendekar Waras) sebelum prosesi peluncurannya dilakukan. Program ini digadang-gadang mampu mencegah penularan Covid-19 secara efektif. Karenanya, Walikota...

Don`t copy text!