Buka Sosialisasi PUG, Walikota Harapkan Kesetaraan Gender dalam Pembangunan

MADIUN – Walikota Madiun Maidi membuka sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) tingkat Kota Madiun. Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos PP PA) itu berlangsung di Ballroom Aston Hotel Madiun, Kamis (14/11).

Dalam sambutannya, Walikota mengatakan bahwa kesetaraan dan keadilan gender menjadi salah satu tonggak pembangunan. Menurutnya, kesetaraan dan keadilan gender memperkuat negara untuk berkembang, dan mengurangi kemiskinan, serta pemerintah secara efektif.

Apalagi, di tengah kondisi Kota Madiun saat ini. Berbagai pembangunan dan renovasi tengah dilakukan untuk mempercantik wilayah kota. Karenanya, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk tercapainya program tersebut.

Salah satu upaya pembangunan kota yang dilakukan oleh Walikota adalah mencanangkan kota warna-warni dan kota sejuta bunga bagi Kota Madiun. Dua hal tersebut identik dengan perempuan.

Baca juga:   Sosialisasi Izin Lingkungan, Walikota Imbau OPD Permudah Izin Usaha

“Mari tunjukkan bahwa perempuan di Kota Madiun bisa berkontribusi dalam pembangunan,” ujarnya, Kamis (14/11).

Meski demikian, PUG tidak merujuk pada kaum hawa saja. Namun, dengan program ini diharapkan seluruh pihak, baik perempuan maupun pria, bisa mendapatkan hak yang setara. Khususnya, dalam hal partisipasi pengembangan kota.

Sementara itu, kegiatan PUG juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi, Forkopimda, OPD, dan organisasi wanita lainnya di Kota Madiun.

Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan Fasilitator PUG Provinsi Jawa Timur Drg. Rochendah Soetarmiati yang memberikan materi tentang pembangunan daerah dalam perspektif gender. (Rama/irs/diskominfo)