Jago Merah Melalap Lapangan Pilangbango, Masyarakat, Damkar Hingga PMI Kerjasama Padamkan Api

MADIUN- Suara bunyi sirine pemadam kebakaran menggema, memecah keheningan pagi di lingkungan Lapangan Pilangbango pada Kamis (14/11). Kepulan asap membumbung tinggi ditengah kepanikan warga yang lari terburu-buru dengan membawa ember berisi air untuk memadamkan api yang melalap salah satu bangunan warung yang ada di sana.

Asap yang membumbung tinggi membuat langit kian pekat. Beruntung api segera bisa dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran dari Satpol PP Kota Madiun.  Dengan bantuan kerjasama yang solid antar masyarakat dan PMI, akhirnya api dapat dipadamkan.

Peristiwa di atas memang bukan kejadian sebenarnya. Hal itu merupakan simulasi tanggap bencana yang dilakukan oleh PMI Kota Madiun dengan mengajak serta masyarakat yang dari tiga kecamatan yang ada di Kota Madiun.

Baca juga:   Khofifah Resmi Jadi Gubernur, Begini Kata Walikota Madiun

“Tujuannya agar masyarakat yang diberi pelatihan ini mampu menjadi ujung tombak penanganan bencana di wilayah masing-masing. Mereka sudah dibekali kemampuan dasar menyelamatkan diri dari bencana, seperti membuat tenda untuk dapur umum, memadamkan api dan lainnya,” jelas Kasi Pelayanan PMI Yulius Victoria.

Sebelum menjalani simulasi kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat (SIBAT), para warga telah dibekali keterampilan dasar memadamkan api dengan cara tradisional menggunakan karung goni yang basah sehari sebelumnya.

“Harapannya melalui giat seperti ini mereka bisa tanggap saat menghadapi bencana yang terjadi di sekelilingnya,” tandasnya.
(WS Hendro/Dhevit/kus/madiuntoday)