Tingkatkan Keamanan Warga Melalui Lomba dan Ronda Bareng Walikota

MADIUN – Keamanan modal dasar pembangunan. Tak heran, berbagai kegiatan digelar Pemkot Madiun untuk meningkatkan keamanan. Khususnya di lingkungan masyarakat. Salah satunya, melalui lomba Poskamling. Lomba yang rutin digelar setiap tahun itu sudah menapaki tingkat kota saat ini. Sembilan Poskamling di tiga kecamatan beradu program dan kegiatan Siskamling untuk menjadi yang terbaik.

Walikota Madiun Maidi berharap Siskamling tidak hanya saat ada lomba. Namun, menjadi kegiatan rutin di lingkungan. Hal itu penting agar keamanan yang sudah baik saat ini terus terjaga.

‘’Aman itu mahal. Oleh karena itu, melalui TNI, Polri, dan masyarakat, penting untuk terus menjaga keamanan,’’ kata walikota saat Ronda Bareng Walikota bersamaan penilaan lomba di Poskamling RT 20/05 Kelurahan Pilangbango, Kamis (14/11) malam.

Keamanan, lanjutnya, merupakan kebutuhan dasar. Setiap kegiatan masyarakat tidak akan berjalan baik tanpa lingkungan yang aman. Hal itu tidak akan terwujud tanpa peran masyarakat. Sebagai garda terdepan, masyarakat memegang peranan penting. Kejadian bisa langsung tertangani dengan baik dengan partisipasi masyarakat yang berada di lokasi. Begitu juga sebaliknya. Tak heran, kegiatan lomba juga sekaligus pembelajaran bagi masyarakat dalam penanganan suatu kasus di lingkungan.

Baca juga:   Resmikan Pondok Riyadhul Jannah, Walikota Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim Piatu

Seperti yang terlihat di Poskamling Pilangbango yang menampilkan simulasi penanganan kejadian kebakaran dan kebanjiran. Kerugian dari kedua kejadian dapat ditekan melalui langkah cepat masyarakat yang menggelar ronda. Koordinasi apik dan cepat itu tidak akan terwujud tanpa kerukunan dan kekompakan di lingkungan masyarakat.

Begitu juga dengan kejadian kecil yang dapat memicu konflik. Seperti ulah warga yang menggeber kendaraan bermotor dengan knalpot brong. Hal itu bisa berakibat konflik jika tidak ditangani dengan bijak.

‘’Saat ini, kita sedang menghadapi tiga tantangan besar. Yaitu, narkoba, radikalisme, dan hoax. Peran masyarakat melalui Poskamling penting dalam menangkal ketiganya,’’ imbuhnya.

Walikota juga menyambangi Poskamling RT 07/02 Kelurahan Winongo. Berbagai simulasi menarik juga tersaji di sana. Penilaian juga merambah kelengkapan sarana hingga kerapian administrasi. Pemenang lomba mendapatkan hadiah uang pembinaan. Walikota menyebut akan memberikan televisi 28 inch sebagai hadiah tambahan bagi juara pertama tingkat kota. (dhevit/agi/diskominfo)