Berjuang Wujudkan Kota Sehat, Pemkot Madiun Diganjar Penghargaan Swasti Saba Wistara

JAKARTA – Predikat tertinggi Kota Sehat, Swasti Saba Wistara, akhirnya berhasil diraih oleh Kota Madiun. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Walikota Madiun Maidi di Jakarta, Selasa (19/11).

Prestasi inipun tentu tak lepas dari berbagai upaya yang telah dilakukan oleh pemkot beserta seluruh lapisan masyarakat di Kota Madiun. Misalnya, kegiatan bersih-bersih sungai menjelang penilaian Kota Sehat. Hal ini sebagai pendukung penilaian Kota Sehat.

Tak hanya itu, berbagai program dan kegiatan lainnya juga menjadi pendukung meningkatkan kehidupan kota yang sehat. Mulai dari senam lansia rutin setiap bulan, sarana prasarana dan pelayanan kesehatan yang memadai, meningkatkan kebersihan lingkungan dengan lomba-lomba, hingga jaminan kesehatan bagi warga Kota Madiun.

Sebelumnya, Kota Madiun telah memenuhi enam dari tujuh tatanan penilaian Kota Sehat. Yakni, pemukiman dan sarana dan prasarana sehat, kawasan lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri, serta tatanan kehidupan sosial yang sehat.

Baca juga:   Gelar Kopi Pagi, Walikota Bahas Good Government 2020 Nanti

Dengan demikian, Kota Madiun telah mencukupi kriteria penghargaan Swasti Saba Wistara yang penilaiannya minimal memiliki lima tatanan.

Swasti Saba Wistara merupakan penghargaan tertinggi. Sebelumnya, Kota Madiun telah meraih dua penghargaan Kota Sehat tingkat I dan II. Yakni, Swasti Saba Padapa dan Swasti Saba Wiwerda. Penghargaan tingkat III inipun menjadi penyemangat untuk dapat menggapai pencapaian yang lebih besar lagi.

Walikota berharap, penghargaan ini tidak sekadar menjadi ajang pamer prestasi. Tapi, justru menjadi motivasi agar ke depannya pemkot dapat bekerja lebih baik lagi. Terutama, dalam upaya meningkatkan kehidupan yang sehat bagi seluruh masyarakat.

‘’Kita patut berbangga, tapi jangan cepat puas. Penghargaan ini harus kita pertahankan. Karenanya, saya mengimbau kepada semua pihak untuk saling bekerjasama bekerja menjadikan Kota Madiun tetap sehat, aman, nyaman, tertib, dan kondusif,’’ tegasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)