Mantapkan Calon Abdi Negara Baru, Walikota Ingatkan Tupoksi dan Rambu-rambu

MADIUN – Kota Madiun memiliki 171 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) rekrutmen 2018 lalu. Penguatan menjadi abdi negara di lingkup Pemkot Madiun terus dilakukan. Harapannya, ratusan CPNS tersebut segera menyesuaikan dan tancap gas dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing.

Walikota Madiun Maidi menegaskan aparatur sipil negara (ASN) harus melayani. Bukan dilayani. Hal itu juga tertuang dalam panca karya yang menjadi visi misi pemerintahannya. Yakni, Madiun Kota Melayani. Tak heran, doktrin untuk dapat melayani masyarakat dengan baik terus dilakukan.

‘’Mereka ini kan baru. Harus diberikan pemahaman-pemahaman yang pas. Diberikan rambu-rambu agar kinerjanya bagus,’’ kata walikota usai Penguatan Jabatan Fungsional bagi PNS Pemerintah Kota Madiun 2019 di aula Kecamatan Taman, Rabu (20/11).

Walikota tak ingin mereka ikut arus senior yang kurang pantas dicontoh. Seperti masalah kedisiplinan maupun yang tidak melaksanakan tugas dengan baik. Walikota tak menampik masih adanya abdi negara yang seperti itu. Namun, kebanyakan mereka yang sudah tua. Sudah mendekati masa pensiun. Pembinaan terus dilakukan bagi yang baru agar maksimal dalam memberikan pelayanan.

Baca juga:   Lampaui Passing Grade Saja Belum Cukup

‘’ASN juga harus pintar. Pintar dalam melayani. Tantangan dan kebutuhan masyarakat sekarang ini semakin kompleks. Kalau ASN kalah pintar, bagaimana bisa melayani masyarakat dengan baik,’’ imbuhnya.

Walikota menyebut banyak pekerjaan menanti. Apalagi, porsi ASN sekarang masih kurang. Tak heran, banyak yang dobel pekerjaan. Keberadaan CPNS ini diharap segera dapat menutup kekurangan tersebut. CPNS harus dapat memberikan sesuatu yang lebih dari sekedar tenaga kontrak maupun upahan. Apalagi, untuk menjadi CPNS sekarang cukup sulit. Kesempatan yang sudah didapat wajib dioptimalkan.

‘’Saya minta dijadwalkan untuk ikut dalam kegiatan kunjungan kerja walikota termasuk bermalam di rumah warga. Ini penting agar CPNS ini memahami tugas dan pekerjaan di Pemkot Madiun khususnya dalam melayani masyarakat,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/diskominfo)