Tertibkan Kendaraan Bermotor Wajib Uji, Dishub Gelar Pemeriksaan Bareng Polisi

MADIUN – Kendaraan bermotor angkutan barang dan penumpang umum wajib dalam kondisi bagus saat digunakan. Tak heran, uji berkala wajib dilakukan minimal enam bulan sekali. Memaksimalkan hal itu, Dinas Perhubungan Kota Madiun menggelar Pemeriksaan Kendaraan Bermotor Wajib Uji Berkala, Jumat (22/11). Pemeriksaan yang berlokasi di Jalan S Parman itu juga melibatkan pihak kepolisian agar semakin optimal.

Kasi Angkatan Darat Dinas Perhubungan Kota Madiun Eko Setijawan menyebut pemeriksaan rutin tersebut berhasil menjaring 15 kendaraan. Tujuh di antaranya, masuk tilang kepolisian lantaran kedapatan melanggar di luar urusan uji berkala. Mulai SIM hingga kelengkapan surat lainnya. Delapan kendaraan lain yang tercatat lewat masa uji berkala juga langsung diberikan penilangan.

‘’Langsung kita tilang untuk mengikuti sidang,’’ kata Eko.

Pemeriksaan bukan hanya untuk menertibkan pemilik kendaraan yang membandel urusan uji berkala atau yang biasa disebut uji kir itu. Namun, juga sarana sosialisasi. Pelaksanaan uji kir di Kota Madiun sudah semakin efisien kini. Sebab, pembayaran uji kir dapat dilakukan melalui tujuh cara. Yakni, loket Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di lokasi uji kir, Bank Jatim terdekar, transfer ATM dan via mobile banking, mesin electronic data capture (EDC), menggunakan e-tol, hingga virtual account.

Baca juga:   Tak Bicara Harga, Dimas Utamakan Kepuasan dalam Karya

‘’Pembayaran sekarang tidak perlu bolak-balik lokasi uji kir dan bank. Semua bisa di lokasi uji berkala,’’ terangnya sembari menyebut ke depan pembayaran juga bisa dilakukan di minimarket.

Selain itu, Dishub Kota Madiun juga memiliki aplikasi berbasis android bernama Dishub Smart Service. Menu yang ditawarkan cukup lengkap. Salah satunya, terkait informasi waktu uji berkala kendaraan. Pemilik tinggal memasukkan nomor kendaraan dalam aplikasi. Informasi jadwal pelaksanaan uji berkala bakal muncul. Selain itu, aplikasi juga menawarkan menu info kendaraan, info e-tilang, info angkutan cerdas sekolah, info perizinan, hingga mutase kendaraan.

‘’Pemilik kendaraan sering berdalih lupa waktu uji berkala kendaraannya. Melalui aplikasi ini semoga dapat memudahkan pemilik untuk mengingat waktu pelaksanaan uji berkalanya,’’ pungkas Eko. (ws hendro/agi/madiuntoday)