Tingkatkan Konsentrasi Siswa, TKK Soyus Rutin Lakukan Meditasi Pada Murid

MADIUN- Musik relaksasi mengalun di salah satu ruang kelas TKK Santo Yusuf Kota Madiun. Puluhan anak-anak terlihat memejamkan mata dan duduk bersila, dengan kedua tangan diletakan di pangkuan. Ya, mereka sedang melakukan meditasi. Mungkin selama ini, ada yang mengira bahwa meditasi hanya diperuntukkan bagi orang dewasa.

Namun, ternyata anak-anak juga membutuhkan meditasi. Dalam hal ini, meditasi yang dimaksud bukan berarti mengajari anak bersemedi seperti pertapa, melainkan memberinya waktu tenang untuk belajar mengendalikan diri dan emosi.

“Kebanyakan anak-anak dari rumah datang dengan kebiasaan yang egois. Sejak mereka mengikuti meditasi ini, mereka lebih tenang dan juga siap menerima pembelajaran lebih aktif,” ujar Kepala Sekolah TKK Santo Yusuf Susi Retnaningtyas.

Baca juga:   Pendaftaran Jalur Offline PPDB SMA Dimulai. Perhatikan Syarat dan Ketentuannya...

Kegiatan ini, kata dia, sudah rutin dilaksanakan sejak dua tahun yang lalu. Disela kegiatan anak yang cukup padat, antara sekolah, ekstrakulikuker, bahkan les, meditasi bisa menjadi cara untuk meregangkan otot yang kaku dan merilekskan tubuh.

“Ini sebagai kegiatan meditasi, relaksasi siswa TK. Arahnya agar anak-anak bisa fokus dan memiliki daya konsentrasi yang tinggi. Sehingga siap untuk menerima pelajaran,” jelasnya.

Melalui meditasi ini Sudi berharap agar anak didiknya bisa saling menyayangi dan menghargai antar teman. Serta lebih memiliki emosi yang stabil di usia yang terbilang dini.
(deka/nanda/kus/madiuntoday)