Siapkan Dana Rp 2 Miliar, Pemkot Tambah Fasilitas Taman Lalu Lintas Bantaran

MADIUN – Sunday Market di Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun akan semakin menarik ke depan. Bagaimana tidak, fasilitas taman tempat pasar minggu yang sudah berjalan beberapa bulan terakhir itu akan ditingkatkan. Tak tanggung-tanggung, Pemkot Madiun menggelontorkan Rp 2 miliar untuk penambahan fasilitas taman di Kelurahan Pangongangan, Manguharjo itu di 2020 nanti.

‘’Sunday market ini sudah cukup bagus saat ini. Tetapi tentu harus ditingkatkan. Potensi ekonomi yang sudah berjalan ini haru terus meningkat,’’ kata walikota.

Duit sebesar itu rencananya akan digunakan untuk menambah jalan masuk, pagar, hingga panggung utama. Jalan masuk memang sedikit dikeluhkan pedagang karena kelewat curam. Pemkot berencana membuka jalan baru. Rencananya di sisi timur. Selain itu, kawasan taman juga akan ditambah pagar. Saat ini memang sudah ada. Tetapi dinilai masih belum aman. Terutama bagi anak kecil. Pagar ini penting untuk keselamatan.

‘’Pokoknya mana yang kurang akan ditambah. Mana yang belum sempurna akan disempurnakan,’’ tegasnya.

Baca juga:   Tutup Festival Hadrah, Walikota Bagikan Takjil Gratis

Selain itu, walikota berharap keberadaan taman dan sunday market memberikan manfaat lain bagi masyarakat. Panggung taman akan dibenahi lebih bagus. Bukan hanya untuk konser atau lomba, panggung dan taman juga bisa digunakan untuk pesta perkawinan. Masyarakat tidak perlu menyewa gedung. Cukup membayar uang kebersihan. Taman tentu menarik untuk pesta kawinan. Apalagi jika dikonsep outdoor tanpa tenda. Mewah namun murah.

‘’Pembangunan taman itu tidak murah dulu. Harus memberikan manfaat bagi masyarakat. Saat ini masyarakat kita bisa berdagang di sana. Bisa mencari rezeki. Nanti juga bisa digunakan untuk menggelar pesta pernikahan. Harus seperti itu. Jangan setelah dibangun sudah selesai,’’ terangnya.

Keberadaan Sunday Market memang menjadi potensi ekonomi tersendiri. Terdapat 800 pedagang lebih dengan jumlah pengunjung mencapai 1.500 tiap minggunya. Pemkot terus berupaya mengenalkan Taman Lalu Lintas dengan berbagai macam kegiatan. Mulai sholawat bersama Gus Ali Gondrong hingga konser musik Letto. (ws hendro/agi/madiuntoday)