Giat Paguma Hari Kedua, Walikota Bangunkan Taman Paguma Dekat Musala

MADIUN – Kunjungan Paguyuban Masyarakat Madiun (Paguma) Surabaya dan Jabodetabek berlanjut, Minggu (1/12). Setelah gala dinner kemarin malam, kegiatan berlanjut senam hingga penanaman pohon bunga di Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun. Semangat orang-orang Madiun yang merantau di luar daerah itu mendapat perhatian Walikota Madiun Maidi. Mantan Sekda Kota Madiun itu bakal membuatkan taman khusus di Taman Lalu Lintas dengan nama Taman Bantaran Paguma.

‘’Taman khusus Paguma ini juga sebagai pengingat bagi orang Kota Madiun yang merantau. Tatkala mereka pulang, belum lengkap rasanya kalau belum foto di taman ini,’’ kata walikota.

Taman Bantaran Paguma tersebut rencananya tak jauh dari Musala Al Barokah Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun yang baru saja diresmikan walikota. Musala berada di utara tengah. Taman khusus tersebut rencananya ada di barat musala. Di kawasan tersebut sudah ditanami 12 pohon berbunga. Yakni, lima pohon kamboja merah dan tujuh tabebuia. Penanaman juga dilakukan walikota bersama anggota Paguma.

‘’Orang Paguma disilahkan untuk turut merawat taman. Misalnya, saat pulang ke sini menanaman bunga atau pohon bunga sebagai tanda. Nanti dikunjungi lagi beberapa tahun kemudian. Jadi biar ada ikatan,’’ terangnya.

Baca juga:   Jadi Ajang Pembibitan Bakat Olah Vokal, Bintang Radio RRI Wajib Ditingkatkan

Taman memang akan ditambah tanaman bunga. Selain 12 pohon bunga yang sudah ditanam, pemkot bakal menambah berbagai jenis tanaman bunga. Selain itu, juga patung Paguma. Area tersebut akan dipercantik hingga menarik sebagai tempat foto. Harapannya, orang Kota Madiun yang merantau belum lengkap jika belum berfoto di taman saat pulang kampung.

‘’Harus ada ikon yang menarik agar mereka ini selalu kangen pulang. Syukur-syukur mereka yang sukses di daerah lain ikut berkontribusi membangun kota kelahirannya,’’ imbuhnya.

Ketua Paguma Jabodetabek Pandu Yunianto mengaku ada banyak perubahan luar biasa di Kota Madiun. Warga Kelurahan Klegen yang kini tinggal di Jakarta itu menyebut ada banyak ide kreatif Walikota Maidi yang mendongkrak perekonomian masyarakat. Salah satunya, Taman Lalu Lintas yang dijadikan sebagai lokasi sunday market. Taman jadi memiliki banyak fungsi. Mulai edukasi hingga peningkatan ekonomi. Dia berharap ada banyak titik-titik seperti itu ke depan.

‘’Ini luar biasa ya. Potensi yang ada dimaksimalkan untuk menarik wisatawan. Jadi ekonomi bisa tumbuh. Semoga yang seperti ini tidak hanya satu tempat,’’ harapnya. (ws hendro/agi/diskominfo)