Peringatan Hari Aids Sedunia, Walikota : Jauhi Penyakitnya, Bukan Orangnya

MADIUN – Bertepatan pada 1 Desember 2019, Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana menggelar peringatan Hari Aids Sedunia. Kegiatan ini berlangsung di Atrium Suncity Mall Kota Madiun, Minggu (1/12).

Walikota Madiun Maidi pun turut menghadiri kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Walikota mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memerangi HIV/Aids. Yakni, dengan cara menjauhi hal-hal yang dapat menyebabkan terjangkitnya virus berbahaya ini.

“Orang Kota Madiun harus sehat,” ujarnya.

Meski begitu, Walikota juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan simpati kepada penderita. Jangan sampai orang-orang tervonis penyakit ini lantas merasa dikucilkan.

Walikota mengimbau agar masyarakat memberikan perhatian khusus kepada para penderita HIV/Aids yang dikenalnya. Serta, tidak menceritakan tentang kondisi tersebut kepada orang lainnya.

Baca juga:   Sepekan Pendaftaran CPNS Dibuka, Disnaker Kota Madiun Catat Permintaan AK 1 Meningkat

Menurut Walikota, para penderita Aids juga memiliki hak yang sama untuk hidup bersama di tengah-tengah masyarakat. “Jauhi penyakitnya, jangan orangnya,” tegas Walikota.

Tak hanya itu, Walikota juga meminta Dinas Kesehatan dan KB untuk senantiasa pro aktif mendata dan membina para penderita HIV/Aids. Serta, mengedukasi masyarakat seluas-luasnya terhadap bahaya penyakit ini.

Tidak seperti virus lainnya, HIV Aids ditularkan melalui hubungan langsung. Misalnya, berganti-ganti pasangan, menggunakan jarum suntik secara bergantian, serta menggunakan narkoba.

Ke depannya, Walikota berharap penyebaran HIV/Aids di Kota Madiun bisa lebih dikurangi. Sehingga, masyarakat lebih sehat dan produktif.

“Sakit itu mahal, sehat itu murah. Maka dari itu, mari sejak sekarang kita hidup sehat,” tandasnya. (Luki/irs/diskominfo)