Peringati Hari Aids Sedunia, Dinkes KB Gelar Tes HIV Gratis

MADIUN – Upaya pencegahan penyebaran HIV/Aids terus lakukan oleh Pemkot Madiun. Salah satunya seperti tampak pada peringatan Hari Aids Sedunia yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun di Suncity Mall, Minggu (1/12).

Dalam kegiatan tersebut, Dinkes KB menyediakan booth khusus bagi pengunjung yang ingin melakukan tes HIV. Yakni, melalui metode RAPID Test.

“Ada sesi konsultasi sebelum dan setelah pemeriksaan. Lalu, kami lakukan tes dengan mengambil sampel darah,” ujar Pelaksana Program HIV Puskesmas Oro-Oro Ombo Etty Rahayu dalam kegiatan tersebut.

Sejak booth dibuka hingga sekitar pukul 12.00, sudah ada 20 orang yang memanfaatkan fasilitas tersebut.

Etty menjelaskan, masyarakat tidak perlu khawatir untuk menjalani tes. Asalkan, tidak melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan tertularnya virus HIV/Aids. Seperti, berganti-ganti pasangan, menggunakan jarum suntik secara bersamaan dengan orang lain, serta tidak mengonsumsi narkoba.

Sementara itu, Kepala Dinkes KB Kota Madiun dr. Agung Sulistya Wardani mengungkapkan bahwa sejak 2004 hingga sekarang jumlah penderita HIV/Aids di Kota Madiun mencapai 250 orang.

Baca juga:   Tingkatkan Pelayanan Publik, Dinkes-KB Kota Madiun Kenalkan E-BundaHebat

“Namun ada yang sudah meninggal atau pindah. Karena kami juga meregistrasi penderita HIV di Lapas,” tuturnya.

Hingga Juni 2019, diketahui penularan virus yang menyerang imun tubuh ini sebagian besar melalui heteroseksual. Yakni, mencapai 60 persen. Sedangkan, 72 persen penderitanya ada di kisaran usia 21-50 tahun.

“Sebagian ada juga yang sebenarnya adalah korban. Misalnya ibu rumah tangga yang suaminya terkena virus ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Wardani menjelaskan, masyarakat dapat melakukan pemeriksaan HIV/Aids melalui puskesmas. Untuk mencegah penularan, juga dilaksanakan pemeriksaan virus ini terhadap ibu hamil.

Wardani berharap, penyebaran virus HIV/Aids dapat terus diminimalisasi. Sehingga, tidak ada lagi warga Kota Madiun yang terjangkit virus mematikan ini.

Tak hanya pemeriksaan gratis, event peringatan Hari Aids Sedunia ini juga diisi berbagai kegiatan menarik. Di antaranya, lomba membuat poster, lomba jingle HIV/Aids, fashion show, dan booth informasi lainnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)