Kota Madiun Bertabur Prestasi di Peringatan Hari Korpri

MADIUN – Peringatan Hari Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri) berlangsung khidmat di Kota Madiun, Senin (2/12). Upacara bendera digelar di halaman depan Balai Kota setempat dengan Walikota Madiun Maidi sebagai inspektur upacara. Walikota menyebut Korpri harus terus berinovasi dan menciptakan terobosan-terobosan terbaru. Hal itu penting mengingat dunia telah berubah dengan cepat. Dunia tengah berebut pasar dan talenta hebat.

‘’Kita harus lebih cepat, tidak ada lagi kerja yang hanya sebatas rutinitas,’’ kata walikota yang membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo.

Selain itu, pelayanan wajib semakin cepat dan efisien. Birokrasi yang bertele-tele dan ruwet wajib dipangkas. Presiden menegaskan sekedar pelayanan saja belum cukup. Harus dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan itu sendiri. Hadirnya teknologi wajib mempermudah pelayanan. Bukan sebaliknya. Presiden juga berpesan untuk mengurangi kegiatan yang bersifat seremonial.

‘’Kita harus optimis pada tantangan global, negara kita negara yang kuat jika bersatu. Kuncinya adalah persatuan,’’ tegasnya.

Usai menyampaikan sambutan presiden, Walikota Maidi langsung memberikan atensi kepada anggota Korpri Pemkot Madiun. Mulai urusan pelayanan hingga inovasi dan terobosan. Paling tidak untuk Kota Madiun. Inovasi penting agar program kerja Pemkot Madiun berjalan maksimal. Walikota juga mengingatkan akan Panca Karya dan RPJMD Kota Madiun. Setiap ASN wajib memahaminya.

Baca juga:   Maulidan Bareng Letto, Sempurnakan Peringatan Maulid Nabi di Kota Madiun

‘’ASN harus paham program kerja yang akan dilaksanakan. Harus bisa menjelaskan kepada masyarakat,’’ terangnya.

Berbagai upaya dilakukan. Salah satunya, lomba cerdas cermat lingkup Pemkot Madiun dalam rangka HUT Korpri. Pemenangnya akan menjadi narasumber di Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hal itu diharap menjadi pelecut semangat ASN yang lain.

‘’ASN harus melayani. Bukan dilayani. Bagaimana bisa melayani dengan baik kalau program kerjanya tidak paham,’’ pungkasnya.

Dalam kesempatan itu juga diberikan penghargaan kepada sejumlah pegawai dan OPD berprestasi. Di antaranya, juara 1 tingkat nasional Best Practise Kepala Sekolah (SDN 02 Mojorejo), juara 3 tingkat nasional lomba budaya mutu tingkat SD (SDN 02 Mojorejo), juara 1 tingkat nasional lomba sekolah sehat 2019 (TK Negeri Pembina), PPID Award keterbukaan informasi kategori sangat tinggi tingkat Jawa Timur (Dinas Kominfo), hingga piala lingkungan sekolah sehat dan lomba poskamling tingkat kota. (ws hendro/agi/diskominfo)