Peringati Hari Korpri, Pemkot Gelar Cerdas Cermat Bagi ASN

MADIUN- Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun dalam meningkatkan SDM Aparatur Sipil Negara (ASN ) kian digiatkan. Seperti yang terlihat pada Senin (2/12). Dalam lomba tersebut, terdapat tiga materi yang di lomba cerdas cermatkan. Yakni terkait Korpri, RPJMD dan Panca Karya.

Walikota Madiun Maidi mengatakan, kegiatan tersebut sengaja dilakukan dengan tujuan agar ASN pemkot mampu memahami tugas yang dilakukan termasuk output yang dihasilkan, terutama materi RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah daerah). Sebab hal itu merupakan panduan ASN dalam menjalankan tugas, selama lima tahun kepemimpinan kepala daerah terpilih.

“Harapannya, mulai staf sampai pejabat eselon II setingkat kepala dinas harus hafal dan memahami tiga materi itu. Jika ketiganya dipahami, maka di dalam penyusunan, penganggaran dan pelaksanaan kegiatan tidak menuai kendala,” ujar walikota seusai menyaksikan babak penyisihan tahap pertama.

Nanti selesai, kata dia, akan di data berdasarkan peringkat atau rangking. OPD mana yang memiliki nilai tinggi akan dapat reward, sedangkan yang nilanya minus akan diberi remidi. Artinya, ASN dituntut untuk paham di luar kepala mengenai maksud dan tujuan dari RPJMD.  

Baca juga:   Lewat MASS, Pemkot Jamin Perizinan Online Selesai Cepat

Untuk diketahui, lomba cerdas cermat dalam rangka HUT ke-48 Korpri ini, sedikitnya diikuti 73 regu yang terbagi dalam dua kategori. Pertama, kategori OPD dan BUMD yang berjumlah 40 regu, dimana dalam satu regu terdiri dari tiga orang, yakni pejabat eselon III, eselon IV dan seorang staf. Kedua, kategori sekolah mulai TK, SD, dan SMP. Tiap satu regu terdiri kepala sekolah dan dua orang guru.

Terkait sistematis lomba, yakni terdiri dari babak penyisihan, semifinal dan final. Sementara dewan juri yang ditunjuk, berasal dari Korpri, Bappeda, Dinas Pendidikan dan akademisi. Masing-masing kategori, juara 1 mendapat piala, piagam dan uang Rp2,5 juta, juara 2 Rp2 juta, juara 3 Rp1,5 juta dan juara 4 Rp1 juta.

Adapun rangkaian HUT Korpri di Kota Madiun, sebelumnya dilaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan pada Jum’at (29/11) lalu. Setelah itu diadakan Upacara HUT Korpri dan lomba cerdas cermat  yang dilaksanakan pada Senin (2/12), serta jalan santai yang nantinya dilaksanakan pada Jum’at (6/12).
(Ws Hendro/kus/diskominfo)