Perkuat Kamtibmas, Walikota Ajak Masyarakat Hidupkan Poskamling

MADIUN- Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) penting untuk selalu dijaga. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah demi meningkatkan kamtibas di Kota Madiun. Salah satunya seperti menghidupkan pos keamanan lingkungan (poskamling) dengan menggiatkan ronda. Kegiatan kian menarik lantaran dihadiri Walikota Madiun Maidi dan Sekda Rusdiyanto.

Tak tanggung-tanggung, ronda bareng walikota yang digelar Minggu (1/12) malam itu langsung digelar di dua poskamling yang berbeda di Kecamatan Taman. Yakni, Poskamling RT 45 Jalan Graha Manis III Kelurahan Manisrejo dan Poskamling RT 24/08 Jalan Pulo Perbatasan Kranggan, Kelurahan Demangan.

Walikota Madiun Maidi dan rombongan kali pertama meninjau Poskamling RT 45 Jalan Graha Manis III Kelurahan Manisrejo. Penyambutan masyarakat sekitar cukup luar biasa. Begitu juga dengan Poskamling RT 24/08 Jalan Pulo. Sambutan hangat diberikan. Mulai yel-yel memakai kentongan, musik patrol, hingga musik keyboard.

“Memang aman itu mahal. Kota kita sudah aman namun kita tidak boleh lengah. Kegiatan-kegiatan ini sebagai langkah untuk menjaga kondisifitas kota. Kalau aman, dalam menjalankan kegiatan apapun mudah,” ungkap walikota dihadapan masyarakat.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, pembangunan di Kota Madiun memang di program cepat. Berbagai pembangunan dan kegiatan tak absen dilakukan di kota yang dipimpinnya. Walikota menjelaskan beberapa program kerja yang telah dilakukannya bersama OPD terkait, yakni program walikota bersama rakyat, laptop gratis, beasiswa bagi pelajar.

Baca juga:   Jadi Tradisi Pawai Ta'aruf Meriahkan Perayaan 1 Muharam di Kota Pendekar

“Bukan hanya untuk pelayanan. Pembangunan juga digalakkan. Diantaranya sunday market yang mengakomodir ekonomi kreatif, rimba karya yang akan dijadikan sentra kuliner, pelebaran trotoar Jalan Pahlawan, Patung Pendekar di simpang lima Jalan Thamrin, hingga miniatur Kota Madiun PeceLand,” jelasnya.

Program-program yang dijabarkan walikota itu menjadi penting untuk diketahui masyarakat, dengan tujuan agar masyarakat ikut mengawasi dan mengawal kinerja pemerintah. Partisipasi masyarakat memang dibutuhkan agar pembangunan sesuai harapan.

“Kota ini terus kita gerakkan. Saat ini kita tengah berbenah agar semakin baik. Harapannya, 4 juta penduduk di sekitar kota kita ini mau datang sehingga kota jadi ramai. Mohon doa restu serta saran dan masukan untuk membangung kota bersama,” pungkasnya.

Tak sekadar menghidupkan poskamling dan mensosialisasikan program kerja, mantan Sekda Kota Madiun itu juga menyerahkan bingkisan kepada warga kurang mampu yang berada di kawasan tersebut dan juga membuka sesi tanya jawab bersama warga masyarakat.
(Ws Hendro/kus/diskominfo)