Jadi Narasumber Peningkatan SDM Guru BK, Walikota  Ajak Peserta Wujudkan Madiun Kota Pintar

MADIUN- Pendidikan merupakan modal dasar dalam berkehidupan. Sebagai agen pembelajar, guru dituntut meningkatkan kompetensinya secara terus menerus melalui berbagai upaya. Salah satunya melalui pelatihan peningkatan kompetensi guru yang digelar pada Selasa (3/12).

Dalam kesempatan itu, Walikota Madiun Maidi yang didapuk sebagai narasumber mengatakan peran guru bimbingan dan konseling (BK) dalam mendidik dan mengarahkan siswa sangat penting. Mengingat guru BK berperan untuk menangani langsung anak didik. Seperti penanganan kasus kenalan siswa, siswa kurang minat belajar, disharmonisasi keluarga, dan memfasilitasi advokasi dan aksesbilitas.

“Guru bimbingan dan konseling harus mampu mengarahkan siswa dalam membuat keputusan. Mampu membimbing mereka untuk dapat menjadi siswa yang berkarakter,” ujarnya.

Baca juga:   Giat Paguma Hari Kedua, Walikota Bangunkan Taman Paguma Dekat Musala

Kolaborasi dengan guru kelas, atau guru mata pelajaran harus terjalin dengan harmonis, lanjut walikota. Dirinya menekankan, keharmonisan antar para pendidik dapat mewujudkan terciptanya iklim belajar yang baik serta dinamis.

“Dengan begitu untuk mewujudkan Madiun Kota Pintar  akan lebih mudah. Apalagi program-program yang mendukung supaya pelajar dapat bersekolah dengan nyaman akan diterapkan di kota ini,”ungkapnya.

Walikota menyebut, mulai tahun depan program laptop gratis akan dijalankan. Beasiswa bagi pelajar dan juga seragam gratis akan mulai diterapkan. Dirinya berharap seluruh program yang didedikasikan untuk pendidikan ini mampu mendorong peningkatan mutu dan kualitas siswa di Kota Madiun.
(luki/kus/diskominfo)