Jelang Akhir Tahun, Pemkot Kebut Persentase 30 Persen RTH Kota

MADIUN – Hingga menjelang akhir tahun 2019, target ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Madiun telah mencapai 19 persen. Namun, jumlah ini rupanya belum cukup. Berdasarkan Undang-Undang Penataan Ruang No. 26/2007 pasal 29 Kementerian PUPR, mengamanatkan bahwa proporsi RTH di perkotaan paling sedikit 30 persen dari luas wilayahnya.

Untuk itu, Pemkot Madiun berupaya mengejar ketertinggalan angka. Tak hanya memperbaiki dan menambah fasilitas taman saja. Tapi juga memperbanyak pohon dan bunga di sepanjang jalan.

Namun, bukan sekadar pohon yang rindang. Walikota Madiun Maidi sengaja memilih pohon berbunga agar wajah kota semakin indah. Salah satunya, seperti Pohon Tabebuya.

‘’Ini kami kejar terus. Hingga akhir tahun nanti harus sudah 30 persen,’’ tutur Walikota saat diwawancarai, Rabu (4/12).

Baca juga:   Rakor Hari Jadi, Pemkot Sajikan Kegiatan Benuansa Budaya, Olahraga, dan Edukasi

Tak sendiri, pemkot juga menggandeng pengusaha untuk merealisasikan penghijauan di Kota Madiun. Setiap perusahaan atau tempat usaha wajib menyediakan pohon berbunga di sekitar lokasi berdagangnya. ‘’Kalau tanaman menutupi pintu masuknya, pohon boleh dipindah. Tapi jumlahnya jangan dikurangi,’’ tegasnya.

Tak hanya tumbuhan, kini pemkot juga berupaya mempercantik wajah kota dengan berbagai motif bunga dan mural. Ada yang di pohon, ada pula yang di median jalan.

Ke depan, Walikota berharap dapat menjadikan Kota Madiun sebagai Kota Sejuta Bunga. Serta, Kota Warna-Warni Dunia. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Share and Enjoy !

Shares