Puncak HGN, PGRI Gelar Jalan Santai Bersama Walikota

MADIUN – Peringatan Hari Ulang Tahun PGRI ke-74 sekaligus Hari Guru Nasional (HGN) di Kota Madiun Rupanya belum berakhir. Sabtu (7/12), Dinas Pendidikan Kota Madiun bersama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Madiun menggelar kegiatan Jalan Santai.

Kegiatan tersebut berlangsung di kantor Dinas Pendidikan Kota Madiun. Jalan Santai yang dibuka oleh Walikota Madiun Maidi itu mengambil rute Jalan Mastrip, Panglima Sudirman, Kenari, Wuni, Kemiri, Kapten Saputro, Abdurrahman Saleh, dan kembali lagi ke kantor Dinas Pendidikan.

Para peserta merupakan kepala sekolah dan guru TK, SD, SMP, hingga SMA/SMK se-Kota Madiun. Baik negeri maupun swasta. Tak hanya Jalan Santai, kegiatan itu juga diisi hiburan dan pembagian doorprize dengan hadiah utama berupa sepeda listrik.

Dalam sambutannya, walikota pun berpesan kepada para guru bahwa meski usia PGRI sudah tua, penampilan guru harus tetap muda. Penampilan dalam hal ini bukan sekadar rupa fisik saja. “Tapi juga personalnya dan profesionalitasnya. Kualitas guru di Kota Madiun harus ditingkatkan,” ujarnya.

Baca juga:   PEMBINAAN KIM & PERTURA

Hal ini sejalan dengan visi misi walikota dan wakil walikota hingga 5 tahun ke depan yang terangkum dalam Panca Karya. Yakni, pada karya pertama Madiun Kota Pintar.

“Guru berprestasi, bisa menularkan ilmu ke anak didik. Pintar pandai itu dari sekolah. Maka, guru harus pintar agar bisa mengajar anak didiknya dengan baik,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua PGRI Kota Madiun Hariyadi menuturkan bahwa HUT PGRI dan HGN telah diperingati dengan serangkaian acara. Mulai dari tabur bunga di Makam Pahlawan, upacara, hingga Jalan Santai.

Hariyadi berharap, beragam kegiatan ini bukan sekadar hiburan. Tapi juga sebagai cara meningkatkan semangat para guru untuk lebih giat dalam menjalankan tugasnya. “Semoga guru-guru semakin sejahtera,” harapnya. (WS Hendro/irs/diskominfo)