Hadiri Giat SSI, Walikota Jabarkan Program Pemkot Bagi Lansia

MADIUN – Setiap orang pasti mendambakan hidup sehat dengan stamina yang kuat. Hal itu salah satunya dapat terwujud melalui kegiatan olahraga teratur. Tak hanya di usia muda, tapi juga usia senja.

Semangat berolahraga meski usia tak lagi muda inilah yang ingin ditularkan oleh perkumpulan Senam Sehat Indonesia (SSI). Tak terkecuali di Kota Madiun.

Minggu (8/12), 1.200 anggota SSI dari 7 daerah di Jawa Timur menggelar kegiatan senam bersama di Stadion Wilis Kota Madiun. Selain Kota Madiun, mereka berasal dari Kabupaten Sidoarjo, Ngawi, Kota dan Kabupaten Kediri, Tulungagung, serta Kota Malang.

Walikota Madiun Maidi pun hadir sebagai inspektur upacara dalam apel SSI di Stadion Wilis. Dalam sambutannya, walikota mengucapkan selamat datang kepada para peserta. Khususnya yang berasal dari luar daerah.

“Lansia sehat, semua senang. Kalau ada satu saja yang sakit, satu keluarga semuanya juga ikut sakit,” ujarnya.

Baca juga:   Halal Bihalal SMAN 1, Walikota Nostalgia Saat Menjadi Guru

Dalam kesempatan itu, walikota juga menjabarkan program dan kegiatan Pemkot Madiun yang berkaitan dengan upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan lansia. Salah satunya, melalui senam lansia yang digelar satu kali setiap bulan.

“Setelah senam, kami sediakan tempat khusus pemeriksaan kesehatan. Mulai dari tekanan darah, gula darah, kolesterol semua dicek. Kalau ada yang sakit, langsung dirujuk ke rumah sakit,” terangnya.

Tak hanya itu, program lainnya juga dilakukan. Di antaranya, posyandu lansia, perkumpulan, hingga pemberdayaan agar lansia tetap produktif.

Dengan demikian, tak heran jika angka harapan hidup di Kota Madiun cukup tinggi. Yakni, mencapai 72,59 tahun.

“Lansia boleh tua, tapi penampilan tetap muda. Tetap sehat dan semangat,” tandasnya. (Dhevit/irs/diskominfo)