Setiap ASN Adalah Humas, Walikota Harap Penyebaran Informasi Positif Lebih Luas

MADIUN – Penyebarluasan informasi menjadi salah satu tugas penting yang diemban oleh seorang humas. Tak terkecuali, di dalam pemerintahan. Humas merupakan ujung tombak penyebaran informasi kebijakan pemerintah agar sampai kepada masyarakat secara akurat dan terpercaya.

Namun, sebenarnya tugas penyebaran informasi yang akurat dan terpercaya itu tidak melulu menjadi tupoksi seseorang yang secara resmi ditunjuk sebagai humas saja. Tugas ini dapat dilakukan oleh siapa saja.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Pusat Informasi dan Humas (PIH) Universitas Airlangga Surabaya Dr. Suko Widodo. “Setiap ASN adalah humas,” ujarnya saat mengisi kegiatan Evaluasi Pengelolaan Layanan Informasi Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Madiun Tahun 2019 di Ballroom The Sun Hotel Kota Madiun, Rabu (11/12).

Baca juga:   Hasil Survei SPI Indikator Kualitas Pemkot

Menurut Suko, setiap pegawai di lingkungan Pemkot Madiun bisa menjadi penyedia informasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Apalagi, di era revolusi industri 4.0. Di mana, penggunaan media sosial semakin gencar dan tak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Hal inipun sejalan dengan visi misi Walikota Madiun Maidi yang tertuang dalam Panca Karya kelima. Yakni, Madiun Kota Terbuka. Harapannya, masyarakat bisa mendapatkan informasi yang akurat, terpercaya, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Walikota juga berharap, masyarakat juga bisa menjadi media penyebar informasi yang lebih luas. Khususnya, menyangkut kemajuan kota. Sehingga, kiprah Kota Madiun bisa semakin terlihat. Serta, mendorong masyarakat dari luar daerah untuk berkunjung ke Kota Madiun. (Luki/irs/madiuntoday)