Kian Optimal, Jam Pelayanan Perpustakaan Diperpanjang

MADIUN- Mulai 2 Desember 2019 lalu, Perpustakaan Kota Madiun yang berada di Jl Agus Salim itu memiliki jam pelayanan lebih panjang dari hari-hari sebelumnya, yakni mendapat penambahan dua jam, sehingga jam pelayanan berakhir pada pukul 17.30 WIB.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun Ahsan Sri Hasto, dirinya mengatakan penambahan jam pelayanan tersebut berdasarkan saran dan masukan yang berasal dari pengujung perpustakaan.

“Pengunjung perpustakaan lewat media sosial banyak yang memberi masukan kalau jam pelayanan kurang. Awalnya 15.30 sudah tutup, lalu kita perpanjang dua jam sampai 17.30,” jelasnya seusai memberikan materi evaluasi hasil monitoring perpustakaan tahun 2019 pada Kamis (12/12).

Masukan-masukan itu, kata dia, berasal dari siswa-siswa yang sekarang memiliki lima hari sekolah. Saat anak-anak pulang pukul 15.00 ingin mendatangi perpustakaan, namun sudah tutup. Maka dari itu, untuk mengoptimalkan pelayanan, jam pelayanan diperpanjang.

Baca juga:   Semarak Apel Hari Santri di Kota Madiun

“Biar semua kebagian ke perpustakaan, kalau pagi hari biasanya ramai anak PAUD dan TK, agak siangan mahasiswa, nah sorenya biasanya anak sekolah setelah pulang sekolah. Kalau mereka ke perpustakaan weekdend, perpustakaan bisa overload,” ujarnya.

Setelah beberapa hari diperpanjang, Ahsan mengatakan respon dari masyarakat sangat positif. Maka dari itu pihaknya berupaya untuk makin meningkatkan kualitas dan sarana prasarana yang ada di perpustakaan agar masyarakat makin nyaman saat berkunjung ke perpustakaan.

“Tentu banyak inovasi yang akan kita buat. Tahun depan kami berencana untuk mengakomodir para penulis, kemudian tulisan dari penulis kita inventarisir oleh komunitas literasi. Nanti hasilnya kita bedah di perpustakaan. Hal itu supaya tulisan yang sudah dibuat bisa tersalurkan dan kita publish,” tandasnya.
(dhevit/kus/madiuntoday)