Punya Pemimpin Baru, PWI Madiun Diharapkan Mampu Tingkatkan SDM Wartawan

MADIUN – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Madiun resmi memiliki pemimpin baru. Jabatan untuk masa bakti 2019-2022 itu kini diemban oleh Siswo Widodo, pewarta foto LKBN Antara di wilayah eks Karesidenan Madiun.

Siswo Widodo terpilih setelah melalui pembahasan dalam Konferensi Pembentukan Pengurus PWI Madiun yang berlangsung di ruang Ruby The Sun Hotel Madiun, Rabu (11/12) mulai pukul 19.00.

Selanjutnya, prosesi pelantikan pengurus PWI masa bakti 2019-2022 berlangsung di Pendopo Muda Graha Kabupaten Madiun, Jalan Alun-Alun Utara Kota Madiun, Kamis (12/12). Prosesi tersebut dihadiri oleh Ketua PWI Jatim Ainur Rohim, Wakil Walikota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri, dan Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto.

Dalam sambutannya, Ainur Rohim berpesan kepada pengurus PWI Madiun untuk senantiasa meningkatkan kekompakan serta sinergitas dengan pemerintah daerah. Adanya PWI adalah sebagai mitra pemerintah untuk turut serta meningkatkan pembangunan.

Tak hanya itu, pria yang sehari-hari merupakan direktur utama media online beritajatim.com tersebut juga mengungkapkan banyaknya kesempatan bagi wartawan untuk meningkatkan kapasitas.

Baca juga:   Hadiri FKH, Dispendukcapil Sediakan Layanan Adminduk

“Kami menggelar uji kompetensi wartawan sesuai tingkatannya. Wartawan, editor, dan pimpinan redaksi. Untuk menyelenggarakan itu kami tidak memungut sepeser pun dari wartawan,” jelasnya.

Tak hanya itu, PWI juga mewadahi penyaluran beasiswa bagi wartawan yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Misalnya, S2. Bahkan, hingga S3.

Dengan demikian, diharapkan wartawan Indonesia, khususnya di wilayah Jatim, dapat berkembang dan meningkatkan kualitas SDM-nya. Sehingga, bisa menyajikan berita yang lebih berbobot, berimbang, akurat, dan terpercaya.

Sementara itu, Ketua PWI Madiun Siswo Widodo berharap semakin banyak wartawan di Madiun yang bisa bergabung dengan PWI. “Baik dari cetak, radio, maupun online. Kami siap menerima,” ujarnya.

Siswo pun berharap, dalam kepemimpinannya ini dapat membawa PWI Madiun semakin solid dan memberikan dampak positif. Tak hanya bagi wartawan, tapi juga pemerintah dan masyarakat. (Dhevit/irs/madiuntoday)