Tingkatkan Peran Agen Informasi, Pemkot Gelar Penganugerahan Bagi KIM Berprestasi

MADIUN – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) terbukti menjadi agen informasi yang tepat bagi pemerintah daerah. Tak terkecuali di Kota Madiun. Tak heran, berbagai upaya dilakukan pemkot setempat untuk meningkatkan peran dan partisipasi KIM tersebut. Bukan hanya pembinaan dan pendampingan. Namun, juga penganugeragan bagi KIM terbaik setiap tahun. Harapannya, KIM di tiap-tiap kelurahan semakin terpacu untuk memberikan peran terbaik.

‘’KIM ini menjadi penerang, ujung tombak, sekaligus corongnya pemerintah. Kualitasnya harus terus ditingkatkan. Terima kasih kepada Kominfo yang telah memberikan pendampingan yang maksimal,’’ kata Walikota Madiun Maidi saat Anugerah KIM Beprestasi 2019 di Wisma Haji, Kamis (12/12).

Walikota menambahkan peningkatan kualitas bisa melalui beragam cara. Selain pendampingan dan penganugerahan yang telah dilakukan, walikota berharap adanya pendampingan khusus dari ahli. Terutama KIM terbaik yang masuk nominasi. Pendampingan khusus ini, lanjutnya, bisa dengan mendatangkan konsultan komunikasi dari akademisi. Harapannya, produk-produk informasi yang disampaikan KIM semakin berkualitas.

Hal itu, kata walikota, penting mengingat ancaman berita bohong yang sudah semakin meresahkan kini. Bahkan, menjadi atensi pemerintah pusat disamping narkoba dan radikalisme. KIM harus dapat menjadi penyaring berita-berita bohong. Selain itu, juga menjadi penyebar informasi riil sekaligus penyejuk di antara berita-berita bohong tersebut.

Baca juga:   Kota Madiun Bertabur Prestasi di Peringatan Hari Korpri

‘’Kota kita punya misi terbuka. KIM harus berperan di dalamnya. Ini penting agar apa yang sudah baik ini semakin baik lagi ke depan,’’ tegasnya.

Dalam penganugerahan kali ini, KIM Pesanggrahan Kelurahan Taman tampil sebagai yang terbaik kategori kelembagaan. KIM Pesanggrahan mendapat nilai 515. Capaian ini disusul KIM Pasopati Kelurahan Madiun Lor dengan nilai 482 dan KIM Larasati Kelurahan Kanigoro sebagai juara ketiga dengan nilai 380. Ketiga KIM tersebut sebelumnya telah melakoni seleksi administrasi ditiap-tiap kecamatan.

Selain itu, juga terdapat kategori Media KIM Beprestasi yang dimenangkan KIM Padmasari Kelurahan Patihan dengan nilai 126. Juara kedua dan ketiga ditempati KIM Anyelir Kelurahan Kejuron dengan nilai 124 dan KIM Citra Taruna Kenanga dengan nilai 115. Dinas Kominfo Kota Madiun juga memberikan apresiasi kepada kader KIM terbaik yang dimenangkan Moch Yulihan Firdaus kader KIM Pangongangan, Andis Satrio Wicaksono kader KIM Kuncen, dan Kurniawan Dwi Jatmiko kader KIM Kejuron. Ketiganya secara berturut mendapat nilai 246, 244, dan 243.

Pemkot juga memberikan apresiasi atas lima stan pameran terbaik yang dimenangkan KIM Padmasari (Patihan), Citra Taruna Kenongo (Winongo), Pandan Arum (Pangongangan), Delima (Demangan), dan KIM Larasati (Kanigioro). (lucky/agi/diskominfo)