Gebyar Festival Seni Tradisi Jadi Sarana Nguri-Nguri Budaya

Di Posting Oleh madiuntoday

16 Desember 2019

MADIUN- Pemkot Madiun melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Madiun menggelar Gebyar Festival Seni Tradisi yang bertajuk perempuan budaya Indonesia maju. Dalam kegiatan tersebut, terdapat beberapa tradisi lokal yang diperlombakan, yakni Karawitan, Upacara Adat, Sindenan, dan Festival Pedalangan.

Tak hanya sebagai sarana nguri-uri budaya, festival seni tradisi yang digelar mulai 14 hingga 17 Desember 2019 itu digelar dalam rangka memperingati hari ibu ke-91 yang akan jatuh pada tanggal 22 Desember mendatang. Kepala Disbudparpora Agus Purwowidagdo mengatakan bahwa festival seni tradisi merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh pihaknya, namun ada beberapa perlombaan baru yang dilombakan.

“Festival seni tradisi ada beberapa kegiatan. Salah satunya upacara tradisi yang baru kali ini kita adakan, mencakup boyongan, siraman, tingkepan dan lain-lain. Kita adakan tujuannya masih banyak masyarakat yang bertanya-tanya, ini ada supaya masyarakat tahu bagaimana tata caranya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan, sasaran utama dalam lomba kali ini adalah masyarakat dan juga pelajar, baik SD, SMP,  SMA, dan perguruan tinggi yang ada di Kota Madiun. Melalui kegiatan ini, kata dia, karakter budaya diharapkan dapat meningkat. Tak hanya itu, antusias cukup tinggi juga ditunjukkan oleh masyarakat dan pelajar.

“Para juara dari tiap perlombaan nantinya akan di tampilkan di panggung-panggung seni yang akan digelar di Kota Madiun. Untuk hari ini sedang berlangsung lomba sinden yang pesertanya pelajar SD 19 dan SMP 18,” jelasnya.

Melalui festival ini dirinya berharap selain untuk nguri-uri budaya, bisa sekaligus untuk menghidupkan ekonomi kreatif di Kota Madiun. Kedepan Agus memproyeksikan akan menyelenggarakan di tempat umum seperti mall atau ruang terbuka hijau agar dapat dilihat oleh masyarakat luas.
(radit/dhevit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Walikota Ikut Serta Kegiatan Penyemprotan Desinfektan Bersama Warga

Walikota Ikut Serta Kegiatan Penyemprotan Desinfektan Bersama Warga

MADIUN – Kepedulian terus ditunjukkan oleh warga dalam hal penanganan Covid-19 di Kota Madiun. Seperti tampak pada kegiatan RW 6 Kelurahan Tawangrejo, Minggu (5/4). Warga melaksanakan kerja bakti untuk menyemprot lingkungan sekitar dengan desinfektan. Kegiatan itupun...

Don`t copy text!