Masyarakatkan Bonsai, PPBI Beri Sosialisasi Kepada Siswa-Siswi

Di Posting Oleh madiuntoday

9 Januari 2020

MADIUN- Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa bonsai merupakan tanaman yang sulit untuk dibudidayakan. Maka dari itu untuk menghapus stigma tersebut PPBI (Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia) Madiun menggelar sosialisasi pada siswa-siswi SDN 01 Manguharjo.

Sosialisasi tersebut diberikan langsung oleh Ketua PPBI Kota Madiun Herman Santoso beserta anggotanya. Dihadapan puluhan siswa-siswi itu, mereka memberikan sosialisasi tentang sejarah bonsai, jenis tanaman yang bisa dibonsai, hingga bagaiaman cara menanam bonsai.

“Intinya agar adik-adik kita ini mengenal bonsai sejak dini. Lalu mengubah image masyarakat yang pada awalnya gambaranya membudidayakan bonsai lama, sulit, menjadi tidak sulit, tidak lama, dan sebagainya,” ujarnya.

Sosialisasi ini, kata Herman, bukan giat pertama kali yang dilakukan oleh pihaknya. Sebelumnya PPBI sudah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Diantaranya  seperti SMP 2 Caruban, SMP 14, dan beberapa SMA yang ada di Madiun kota maupun kabupaten.

Sementara itu guru kelas 4 SDN 01 Manguharjo Widyastuti mengatakan bahwa siswa-siswinya sangat antusias mengikuti kegiatan yang merupakan pengembangan dari kurikulum K 13 ini. Menurutnya dengan adanya sosialisasi ini mampu memotivasi siswa-siswi untuk memiliki gambaran lebih luas tentang tumbuhan dan menjadi sarana mereka untuk lebih percaya diri dan meningkatkan kreativitas.

“Kelas inspirasi ini sudah sering dilakukan di sekolah kami. Sesuai dengan tema wawancara, sekolah menghadirkan narasumber yang berasal dari wali murid. Setelah sosialisasi anak-anak juga dituntut untuk melakukan wawancara dan tanya jawab kepada narasumber terkait sosialisasi yang disampaikan,” ungkapnya.

Melalui kegiatan ini dirinya berharap siswa-siswinya memiliki pengetahuan yang lebih tentang bonsai sehingga bisa bermanfaat bagi kehidupannya saat dewasa kelak.
(bagoes/afif/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Perangi Covid-19, Pemkot Madiun Bentuk Kampung Tangguh di 3 Kelurahan

Perangi Covid-19, Pemkot Madiun Bentuk Kampung Tangguh di 3 Kelurahan

MADIUN – Upaya menanggulangi penyebaran Virus Korona terus dilakukan oleh Pemkot Madiun. Rabu (27/5), Pemkot Madiun menggelar rapat koordinasi bersama forkopimda setempat. Yakni, untuk membahas pembentukan Kampung Tangguh di wilayah Kota Madiun. 3 kelurahan terpilih...

Don`t copy text!